Upaya Guru Agama Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa (Studi Kasus Di MTs Mambaul Ulum Bedanten Bungah Gresik)

  • Ainul Khalim Institut Agama Islam Qomaruddin Bungah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan penyebab kenakalan siswa serta upaya yang dilakukan dalam menanggulangi kenakalan di MTs Mambaul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif., sedangkan dalam pengumpulan data diperlukan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dan dalam menganalisa data yang terkumpul penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa bentuk/jenis-jenis kenakalan siswa MTs Mamabaul Ulum Bedanten Bungah tergolong kenakalan ringan yang tidak sampai melanggar hukum. Dan hal-hal yang menjadi penyebab kenakalan siswa adalah karna pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru agama menggunakan upaya Preventif, represif, kuratif dan rehabilitasi. Penulis menyarankan kepada guru agama untuk meningkatkan kerja sama dengan sesama guru maupun pihak terkait dalam mengelolah pendidikan, pihak sekolah lebih meningkatkan pengawasan terhadap siswanya, adanya kerja sama antara guru, orang tua dan masyarakat. Untuk para siswa agar benar-benar menyiapkan mentalnya dalam mengahdapi arus globalisasi dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Published
2016-06-03
How to Cite
Khalim, A. (2016). Upaya Guru Agama Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa (Studi Kasus Di MTs Mambaul Ulum Bedanten Bungah Gresik). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(2), 34-46. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/2978
Section
Articles