Pembentukan Akhlak Anak Menurut Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19

juni

  • Ainul Khalim Institut Agama Islam Qomaruddin Bungah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui pembentukan akhlak anak menurut Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), yakni berusaha untuk menguak secara konseptual tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pembentukan akhlak anak menurut al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data-data yang diperoleh dari penafsiran ahli tafsir yang didukung dengan hadits-hadits yang relevan dan sumber data yang dijadikan sebagai alat bantu dalam menganalisis masalah yang muncul, yaitu buku-buku yang ada relevansinya dengan pembahasan. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tahlili dan metode analisis isi (content analisis), metode tahlili yang menjelaskan ayat al-Qur’an dengan meneliti berbagai aspeknya dan menyikapi seluruh maksud yang dikandung, sedangkan analisis isi (content analisis) yaitu suatu teknik penyelidikan yang berusaha untuk menguraikan secara objektif, sistematik dan kuantitatif isi yang termanifestasikan dalam suatu komunikasi. Selain itu juga menggunakan, yaitu mendudukan keterkaitan antara yang sentral dengan yang primer adalah terapannya. Yang sentral adalah studi tentang ayat-ayat Qur’aniyah dan yang primer adalah studi ayat-ayat kauniyah (bukti-bukti dalam kehidupan manusia dan alam). Ketiga metode ini digunakan dalam mengumpulkan data-data dari al-Qur’an, buku-buku atau tulisan-tulisan lain yang berhubungan dengan pembentukan akhlak anak yang bersifat umum untuk dianalisis dengan tujuan mengambil kesimpulan yang bersifat khusus.

Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pembentukan akhlak anak menurut surat Luqman ayat 12-19 yang meliputi :tujuan pembentukan akhlak anak agar anak mempunyai akhlaqulkarimah yang tinggi. Materi pendidikannya terdiri dari pendidikan aqidah, pendidikan birrulwalidain, pendidikan salat, pendidikan amar ma’ruf nahi mungkar, dan pendidikan budi pekerti. Metode yang digunakan adalah metode pembiasaan dan keteladanan

Published
2016-06-07
How to Cite
Khalim, Ainul. 2016. “Pembentukan Akhlak Anak Menurut Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19: Juni”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 14 (1), 1-21. https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/2983.
Section
Articles