Pemikiran Pendidikan Al-Ghozali dan Hasyim Asy’ari Relevan dengan Konsep Pembelajaran Aktif, Kreatif Efektif, Menyenangkan dan Islami

  • Abdul Ro'uf Djabir Institut Agama Islam Qomaruddin Bungah Gresik

Abstract

Dizaman kini masih kita temui disana sini bahwa setelah anak sekolah didik oleh guru tanpa metode dan proses pembelajaran yang betul maka proses pembelajaran yang betul maka proses pembelajaran akan menjadi salah dalam mendidik.
Jika pendidikan berharap agar anak didik mampu memiliki kedewasaan dan kematangan dalam mengamalkan hasil yang diperoleh sehingga anak didik menjadi “pemikir†sekaligus “pengamal†ajaran islam harus pada pembelajaran yang betul maka sebaiknya mengikuti: Pemikiran pendidikan Al-Ghozali dan Hasyim Asy‟ari serta Sebab relevansi pemikiran Imam Ghozali dan Hasyim Asyari dengan konsep PAKEMI relevan tidak diragukan lagi.
Penulis memakai metode penelitian dengan model/jenis studi deskriptif komparatif, yakni studi yang bertujuan mendata dan mengelompokkan sederat unsur/informasi sebagai pembentuk suatu bidang persoalan yang ada, kemudian membandingkan tipe-tipe yang berbeda untuk menentukan perbedaan dalam pola-pola yang khas.
Pemikiran Imam Ghozali dan Hasyim Asy‟ari yang dikenal dalam Ayyuhal Al Walad dan Adab Alim Wal Muta‟allim jika dipakai pegangan guru akan relevan dengan method pembelajaran jaman sekarang dengan nama konsep “pembelajaran aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan islami.

Published
2016-06-09
How to Cite
Djabir, Abdul Ro’uf. 2016. “Pemikiran Pendidikan Al-Ghozali Dan Hasyim Asy’ari Relevan Dengan Konsep Pembelajaran Aktif, Kreatif Efektif, Menyenangkan Dan Islami”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 14 (1), 45-62. https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/2985.
Section
Articles