Fatih PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DANDISIPLINSANTRI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN SUCI MANYAR GRESIK

  • Nur Fatih Ahmad Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pondasi kemajuan bangsa dan negara yang wajib diperhatikan oleh pemerintah, sepatutnya disambut baik dan dirumuskan langkah-langkah yang sistematis. Di dalam pendidikan karakter terdapat nilai-nilai yang sangat prinsipil, diantaranya mandiri dan disiplin. Kedua merupakan bekal pendidikan karakter bagi peserta didik dengan tujuan agar nilai-nilai tersebut menjadi variabel yang membuat ilmu pengetahuan dan teknologi membawa kesuksesan dan kemaslahatan bagi umat manusia.

Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana metode pendidikan karakter mandiri dan disiplin santri pondok pesantren mambaus sholihin suci manyar gresik, (2) bagaimana pendekatan pendidikan karakter mandiri dan disiplin santri pondok pesantren mambaus sholihin suci manyar gresik, (3) bagaimana dampak pendidikan karakter mandiri dan disiplin santri pondok pesantren mambaus sholihin suci manyar gresik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan single case. Tehnik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kyai, dewan masyayikh, asatidz, pengurus dan santri pondok pesantren mambaus sholihin suci manyar gresik. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik snowball sampling. Pengecekan keabsahan data di mulai dengan member check dan dilanjutkan dengan teknik triangulasi.

Hasil penelitian ini adalah (1) metode metode pendidikan karakter mandiri dan disiplin santri pondok pesantren mambaus sholihin suci manyar gresik adalah metode teladan, ceramah, qishah, pembiasaan, hiwar, pemberian sanksi/tahkim, (2) pendekatan pendidikan karakter mandiri dan disiplin santri pondok pesantren mambaus sholihin suci manyar gresik adalah pendekatan among, kekeluargaan, keterampilan proses, pembiasaan, emosional, rasional, fungsionalis. (3) dampak pendidikan karakter mandiri dan disiplin santri pondok pesantren mambaus sholihin suci manyar gresik adalah religius, mandiri, disiplin, jujur, rasa ingin tahu, cinta damai, kerja keras dan tanggung jawab

Published
2018-06-16
How to Cite
Ahmad, Nur Fatih. 2018. “Fatih PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DANDISIPLINSANTRI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN SUCI MANYAR GRESIK”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 16 (1), 109-26. https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3336.
Section
Articles