Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ali Abdul Halim Mahmud ( Surat An Nur : 47-53 )

  • Arif Efendi STIKES

Abstract

Abstrak

Ali Abdul Halim Mahmud adalah tokoh tasawuf modern bahkan disebut dengan Al Ghozali pada abad 14. Beliau berpendapat bagaimana mensinergikan serta mengintergalkan pendidikan umum dan  pendidikan agama islam menjadi jalan menuju ridlo tuhan (Allah Subhanallahu Ta’ala). konsep pendidikan Islam dalam surat An Nur : 47 – 53 perspektif Ali Abdul Halim Mahmud adalah menekankan pada aspek Aqidah (Tauhid), Syari’at dan Akhlaq islamiyah. Unsur unsur pendidikan yang terdapat disurat An Nur : 47 – 53 antara lain : pendidik adalah Allah Subhanallahu Ta’ala dan Rosulullah Shollahu alaihi wassalam, Anak didiknya adalah orang mukmin, orang munafik dan orang yahudi,  bahan pendidikan berisi pendidikan keimanan (Tauhid), pendidikan syari’at( ibadah) dan pendidikan akhlaq, cara pendidikannya berisi nasihat berbentuk khabar, syarat, perintah dan kepahamanan.

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Ali Abdul Halim Mahmud

Published
2018-12-22
How to Cite
Efendi, A. (2018). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ali Abdul Halim Mahmud ( Surat An Nur : 47-53 ). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 187-200. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3345
Section
Articles