Strategi Pengembangan Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik
Abstract
Pesantren dalam hubungannya dengan peningkatan strategi pengembangan merupakan isu aktual pada perbincangan kepesantrenan.Pengembangan pesantren merupakan sebuah keniscayaan, karena kelahiran pesantren sendiri merupakan hasil proses interaksi antar Muslim di Indonesia dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok mereka terhadap pendidikan Islam. Penelitian kualitatif ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi pengembangan sebuah pondok pesantren dan menghasilkan bahwa strategi pengembangan Pondok Pesantren Qomaruddin terdiri dari : Pengembangan kelembagaan, Sumber daya (ketenagaan), Kurikulum, Santri ( siswa / mahasiswa) dan alumni, Lingkungan, Sarana dan Prasarana, serta aspek pengembangan sumber dana. Dengan kelemahan kekurangan sumber daya manusia
References
Abduh Muhammad, Wali Songo; Hidup dan Perjuangannya Surabaya : Bintang Usaha Jaya, 2000
Abdullah Taufik, Islam dan Masyarakat: Pantulan Sejarah Indonesia, Jakarta: LP3ES, 1987
Abdullah Taufiq (ed) Agama dan Perubahan Sosial, Jakarta : CV. Rajawali, 1983
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2010 Cet. II,
Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta : Bina Aksara,1991
Al-Aydrus Muhammad Hasan, Penyebaran Islam di Asia Tenggara, Jakarta: Lentera Basritama, cet. Ke-1,1996,
Asrohah Hanun, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999
........., Pesantren dalam Dialog dan Integrasi : Sejarah Pesantren dalam Pengembangan Pendidikan Islam, dalam Jurnal Mihrab, Vol.II No.4,Desember ,2008,
.........., Transformasi Pesantren: Pelembagaan, Adaptasi, dan Respon Pesantren dalam Menghadapi Perubahan Sosial, Jakarta : CV. Dwi Putra Pustaka Jaya, 2012
Azra Azyumardi, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999
Bawani Imam, Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam, Surabaya : Al-Ikhlas, 1970
Chalik Abdul, Nahdlatul Ulama dan Geopolitik : Perubahan dan Kesinambungan, Yogyakarta : Pintal,2011
Departemen Agama RI, Direktori Pondok pesantren 1, Jakarta : Depag RI,2006
Departemen Agama RI, Pembelajaran Pondok pesantren : Suatu Kajian Komparatif , Jakarta : Departemen Agama RI,2002
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta ;Balai Pustaka, 2002 . Edisi. III.
Dhofier Zamakhsyari, Tradisi Pesantren; Studi tentang Pandangan Kyai, Jakarta: LP3ES,1982
Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Departemen Agama RI, Jurnal Pondok Pesantren, Mihrab, Vol.II.No.2. Juni 2008,
Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama RI, Pedoman Pengembangan Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Tahun 2004-2009 Jakarta : Depag RI,2004
Djabir Abd. Rouf,dkk, Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik : YPPQ Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik,2010
Djamarah Syaiful Bahri, Zain Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta,2006
Efendi, Uchjana Onong,. Dinamika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, cet. 6.
Fadjar Malik, Sintesa Antara Perguruan Tinggi dengan Pesantren, Malang : UIN Press, 2004
Fathoni Muhammad Kholid,Pendidikan Islam dalam Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta : Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005
Hasan M. Afif, Filsafat Pendidikan Islam; Membangun Basis Filosofi Pendidikan Profetik, Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang, 2013
Hasan, Tholchah, Prospek Islam dalam Menghadapi Tantangan Zaman Jakarta : Lantabora Press, 2000)
Herbert Theodore T., Demensions of Organizational Behavior, Second Edition New York ; Mac Millan Publishing Co. Inc. 1981
Kafrawi, Pembaharuan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren, Jakarta : Cemara Indah, 1978
Lombard Denis, Nusa Jawa Silang Budaya, Jilid III Jakarta: Gramedia, 1997,
Lukens-Bull Roland Alan, Jihad Pondok pesantren di Mata Antropolog Amerika, Yogyakarta : Gama Media, 2004
Luthans Fred, Organization Behavior, Third Edition Mc. Graw-Hill International Book Company, 1989
Madjid Nurcholis, Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta : Paramadina,1997
Mas‟ud Abdurrahman, Sejarah dan Budaya Pesantren Jakarta : Erlangga, 2002
Mastuhu, Dinamika Aiatem Pendidikan Pesantren. Jakarta INIS 1994.
Mastuki, Sinergi Madrasah dan Pondok Pesantren; Suatu Konsep Pengembangan Mutu Madrasah, Jakarta : Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam,2004
Mastukki,dkk,Sinergi Madrasah dan Pondok Pesantren: Suatu Konsep Pengembangan Mutu Madrasah, Jakarta : Departemen Agama RI,Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004
Masyhud Sulthon dkk., Manajemen Pondok Pondok pesantren, Jakarta : Diva Pustaka,2003
Masyhud Sulthon, dkk., Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2003
Moleong Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2005,
Mubarok Ahmad, Posisi Pondok pesantren dalam Lintasan Sejarah Bangsa, Jurnal Pondok pesantren Vol.II No.2 Juni 2008.
Muhadjir Noeng, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial, Suatu Teori Pendidikan, Yogyakarta : Rake Sarasin, 1993
Muhaimin, et al, Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/ Madrasah Jakarta: Kencana, 2009,
Murtadlo Ali, et.al, Dua Abad Pondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik 1775-1989 Gresik : YPPQ Press, 1989
Nata Abuddin, (editor) Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Grasindo, 2001
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.
Qomar Mujamil, Pesantren dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta.: Airlangga TT.
Rahardjo, M. Dawam, Pesantren dan Pembaharuan, Jakarta: LP3ES, 1995), cet. ke-5,
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2008
Robbin dan Coulter, Manajemen Jakarta : PT Indeks, Jakarta, 2007
Saifuddin Zuhri, 1983. Kiai Haji Abdul Wahab Khasbullah Bapak dan Pendiri Nahdlatul Ulama. Yogyakarta: Pustaka Falakiah.
Selo Sumardjan, Perubahan Sosial di Yogyakarta, Yogyakarta : UGM Press, 1981
Siswanto, Pengantar Manajemen, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2005
Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES, 1986.
Suparta Mundzier, Perubahan Orientasi Pondok Pesantren Salafi Terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat, Jakarta : Asta Buana Sejahtera,2009
Sutarto, Dasar-Dasar Kepemimpinan Organisasi, (Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2001)
Team Penyusun, Ensiklopedi Islam, 4 Jakarta : PT. Ichtiar Baru Van Hoeve,2002
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahid Abdurrahman, Menggerakkan Tradisi: essai-Essai Pesantren Yogyakarta: LkiS,2001
Wahidmurni, Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan; Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Malang : UM Press, 2008
Ya‟qub Hamzah , Publisistik Islam: Teknik Da’wah dan Leadership, Bandung: CV. Diponegoro, 1981,
Yasmedi, Modernisasi Pesantren: Kritik Nurkholis Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional, Jakarta : Ciputat Press, 2002,
Yusanto Muhammad Ismail, dkk., Menggagas Pendidikan Islami, Bogor : Al-Azhar Press, 2004
Zainuddin Akbar, Implementasi Manajemen Strategis dalam Lembaga Pendidikan, Majalah Gontor Edisi Desember 2007.
Zamroni. 1992. Pengantar Pengembangan Teori Sosial. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Ziemek Manfred, Pondok pesantren dalam Perubahan Sosial, Terjemahan Butche B. Soendjojo, Jakarta : P3M,1983