URGENSI PENDIDIKAN ILMU AQIDAH DENGAN PENDEKATAN TAHDZIR SYAR’I

  • Mochammad Chairudin Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Akhir-akhir ini kita dikejutkan oleh bermunculannya beberapa aliran yang pemahamannya keluar dari mainstream aqidah umat Islam. Aliran-aliran tersebut muncul bak jamur di musim hujan, terutama setelah kran era reformasi dibuka di Indonesia. Sebagaimana dalam agama Islam Ilmu agama adalah roh. Hidup dan berkembangnya Islam ditentukan oleh seberapa besar pemeluknya belajar dan memahami Islam untuk itu Pendidikan aqidah yang seharusnya menempati prioritas utama dan pertama dalam pendidikan agama Islam harus diupayakan dengan baik dengan menggunakan pendekatan tahdhir shar‘i, yakni dengan menjelaskan kepada anak didik dan masyarakat secara luas mengenai suatu ajaran yang dinilai menyimpang dari aqidah yang benar, dengan cara menyebutkan secara terang-terangan nama tokoh dan nama aliran dari ajaran tersebut, dengan tujuan supaya ajaran tersebut dapat diwaspadai, dijauhi dan ditinggalkan.
Kata Kunci :Ilmu Aqidah, Tahdzir Syar’i

Published
2019-06-26
How to Cite
Chairudin, M. (2019). URGENSI PENDIDIKAN ILMU AQIDAH DENGAN PENDEKATAN TAHDZIR SYAR’I. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(1), 65-79. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3408
Section
Articles