PENGAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan gambar di MTs. Mamba’ul Ulum Bedanten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mengajar keterampilan berbicara menggunakan gambar itu efektif atau tidak. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas tujuh MTs. Mamba’ul Ulum Bedanten. Peneliti memilih dua kelas: Kelas VII A sebagai kelompok eksperimen (28 siswa) dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol (28 siswa). Metodologi penelitian yang digunakan adalah desain quasi eksperimental. Di sini, peneliti menggunakan tes lisan sebagai instrumen. Hasil dari pre dan post test dianalisis dengan menggunakan t-test. Ada tiga hasil penelitian ini. Hasil pertama adalah masalah siswa dalam keterampilan berbicara yang bisa dilihat dari hasil kuesioner. Yang kedua adalah efektivitas pengajaran keterampilan berbicara menggunakan gambar. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, itu berarti bahwa dalam kelompok eksperimen memiliki pengaruh signifikan pada keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan gambar. Hal ini dapat dilihat dari skor siswa yang diperoleh. Sedangkan hasil ketiga menggambarkan bahwa mendeskripsikan gambar untuk mendapatkan performance/kinerja yang lebih baik secara lisan. Temuan ini mengarah pada kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan gambar, pada peningkatan keterampilan berbicara, siswa yang diajarkan dengan menggunakan gambar memiliki skor yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan gambar.
Kata kunci: gambar, kemampuan berbicara dan tingkat pemula