KELAS REGULER VS KELAS UNGGULAN (Kajian Perbedaan penyesuaian Sosial Siswa Kelas Unggulan dan Reguler di MTS Assa’adah 2 Gresik)

  • Nely Rohmatillah Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penyesuaian sosial antara siswa program kelas unggulan dengan siswa kelas reguler. Metode penelitian Memakai kuantitatif-komparatif, penelitian ini akan diketahui perbedaan antar variabel yang diteliti secara signifikan. Subyek penelitian adalah siswi MTS Assaadah 2 Gresik sebanyak 100 subyek sebagai sampel penelitian. Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan analisis uji-t dua sampel berpasangan (paired-samples t-test). Hasil analisis paired samples T-test diperoleh t hitung = -52.090, df = 39 dengan signifikansi 0,000, dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada perbedaan penyesuaian sosial antara siswa program kelas Unggulan dengan siswa kelas reguler diterima. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada perbedaan penyesuaian sosial antara siswa program kelas Unggulan dengan siswa kelas reguler. Sedangkan bila dilihat dari nilai rata-rata (mean) penyesuaian sosial antara siswa program kelas Unggulan dengan siswa kelas reguler, dapat disimpulkan bahwa penyesuaian sosial siswa kelas reguler lebih tinggi dibanding dengan penyesuaian sosial siswa program kelas unggulan.

Kata kunci: Penyesuaian Sosial, Kelas Unggulan, MTS Assaadah 2 Gresik

Published
2020-06-22
How to Cite
Rohmatillah, N. (2020). KELAS REGULER VS KELAS UNGGULAN (Kajian Perbedaan penyesuaian Sosial Siswa Kelas Unggulan dan Reguler di MTS Assa’adah 2 Gresik). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), 1-16. https://doi.org/10.36835/jipi.v18i1.3527
Section
Articles