MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS TAHFID TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN QUR'AN

  • Ainul Halim Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Seorang  guru  dalam  membimbing  hafalan  tentunya  tidaklah  mudah, guru  harus  mempunyai  strategi  dan  metode  tersendiri  dalam  mengajar  agar siswa mudah memahami materi yang  disampaikan. Guru  merupakan  orang tua  kedua  di  sekolah,  maka  dari  itu  banyak guru  mengupayakan  siswanya  agar  bisa  membaca  Al-Qur’an  bahkan  untuk menghafalkannya.  Hal  tersebut  dilakukan  agar  dapat  mencetak  lulusan  yang bagus  dan  dapat  membaca  Al-Qur’an serta dapat menghafal Al-Qur’an sesuai tajwid dan mencapai target hafalan yang telah ditentukan.

     fungsi manajemen pengelolaan kelas mempunyai empat fungsi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan evaluasi yang diaplikasikan oleh guru dalam pengelolaan kelas untuk menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan, agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai apa yang telah ditetapkan dan senantiasa dapat dikontrol serta dievaluasi apabila ada hal-hal yang menyimpang atau tidak sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

     Fungsi manajemen pengelolaan kelas sebenarnya merupakan implementasi dari fungsi-fungsi manajemen yang diaplikasikan di dalam kelas oleh guru untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif.

 

Kata Kunci: Pengelola kelas, Hafalan Qur'an

Published
2020-12-30
How to Cite
Halim, A. (2020). MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS TAHFID TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN QUR’AN. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 129-155. https://doi.org/10.36835/jipi.v18i2.3578
Section
Articles