MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS TAHFID TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN QUR'AN
Abstract
Seorang guru dalam membimbing hafalan tentunya tidaklah mudah, guru harus mempunyai strategi dan metode tersendiri dalam mengajar agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan. Guru merupakan orang tua kedua di sekolah, maka dari itu banyak guru mengupayakan siswanya agar bisa membaca Al-Qur’an bahkan untuk menghafalkannya. Hal tersebut dilakukan agar dapat mencetak lulusan yang bagus dan dapat membaca Al-Qur’an serta dapat menghafal Al-Qur’an sesuai tajwid dan mencapai target hafalan yang telah ditentukan.
fungsi manajemen pengelolaan kelas mempunyai empat fungsi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan evaluasi yang diaplikasikan oleh guru dalam pengelolaan kelas untuk menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan, agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai apa yang telah ditetapkan dan senantiasa dapat dikontrol serta dievaluasi apabila ada hal-hal yang menyimpang atau tidak sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.
Fungsi manajemen pengelolaan kelas sebenarnya merupakan implementasi dari fungsi-fungsi manajemen yang diaplikasikan di dalam kelas oleh guru untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif.
Kata Kunci: Pengelola kelas, Hafalan Qur'an