PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING

  • Lutfi Hakim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh wabah virus corona, pandemi corona merubah aktifitas dunia termasuk pendidikan. Pembelajaran daring menjadi solusi belajar ditengah pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendampingan orang tua, pelaksanaan pembelajaran daring, dan permasalahan pembelajaran daring. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pembelajaran daring dilaksanakan melalui aplikasi WhatsApp.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan  orangtua sangat efektifitas untuk pembelajaran daring anak, tetapi pembelajaran daring kurang efektif untuk orangtua. Faktor kendala yang dihadapi adalah pemikiran, waktu, alat, dan biaya. Pembelajaran daring menuntut orangtua untuk bisa menjadi guru di rumah, sebagai pengganti sekolah tidaklah mudah,sehingga pendampingan orangtua sangat diperlukan.

 

Kata Kunci: Orang tua,Pembelajaran Daring

Published
2020-12-30
How to Cite
Hakim, L. (2020). PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 192-220. https://doi.org/10.36835/jipi.v18i2.3583
Section
Articles