PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh wabah virus corona, pandemi corona merubah aktifitas dunia termasuk pendidikan. Pembelajaran daring menjadi solusi belajar ditengah pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendampingan orang tua, pelaksanaan pembelajaran daring, dan permasalahan pembelajaran daring. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pembelajaran daring dilaksanakan melalui aplikasi WhatsApp.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan orangtua sangat efektifitas untuk pembelajaran daring anak, tetapi pembelajaran daring kurang efektif untuk orangtua. Faktor kendala yang dihadapi adalah pemikiran, waktu, alat, dan biaya. Pembelajaran daring menuntut orangtua untuk bisa menjadi guru di rumah, sebagai pengganti sekolah tidaklah mudah,sehingga pendampingan orangtua sangat diperlukan.
Kata Kunci: Orang tua,Pembelajaran Daring