METODE THINK PAIR AND SHARE EKSPERIMENTAL TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS
Abstract
Salah satu hal esensial yang berpengaruh pada proses pembelajaran adalah pemilihan metode yang tepat secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh penerapan metode Think Pair and Share (TPS) mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI MA As-Sa’idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA As-Sa’idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket kuisioner dan dokumentasi. Hubungan pengaruh metode think pair and share terhadap peningkatan prestasi bealajar dilakukan dengan uji rumus product moment Hasil dari analisis metode think pair and share terhadap peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas XI di MA Assa’idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik adalah tidak terdapatnya pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Berdasarkan koefisien uji t dengan membandingkan ttabel dan thitung bahwa thitung = 0,389 ≤ ttabel = 0.775 serta berdasarkan teknik probabilitas bahwa Sig = 0,700 > 0,25, maka Ho diterima. Jadi secara teoritik, variabel X (metode think pair and share) memiliki pengaruh terhadap variabel Y (peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas XI) tetapi tidak signifikan. Oleh karena itu dimungkinkan ada faktor lain yang lebih berpengaruh atau lebih dominan dalam peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas XI di MA Assa’idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik.
Kata Kunci: Metode TPS, Prestasi Belajar Siswa, pelajaran Alquran Hadits