PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013

  • Ainul Khalim Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Pendekatan saintifik menerapkan 5 langkah pembelajaran yang dimulai dari mencermati lewat pengamatan (mengamati) untuk mendapatkan data awal, lalu memunculkan pertanyaan (menanya) sebagai dasar untuk melengkapi data yang dibutuhkan (mendorong tumbuhnya rasa ingin tahu yang lebih jauh), melakukan eksplorasi dalam rangka menjawab sejumlah pertanyaan sehingga diperoleh data yang lebih lengkap, melakukan analisis melalui proses asosiasi dengan mengaitkan antara satu fakta dengan fakta lain.

Oleh karena itu, lembaga pendidikan formal sebagai wadah resmi pembinaan generasi muda diharapkan dapat meningkatkan peranannya dalam pembentukan kepribadian peserta didik melalui peningkatan intensitas dan kualitas pendidikan karakter. Sekolah harus mampu menerima nilai-nilai politik, budaya, moral, adat, ajaran agama,  ataupun nilai-nilai lainnya yang dikehendaki. Proses perebutan pengaruh tersebut dapat dilakukakan melalui lembaga-lembaga sosial masyarakat, termasuk lembaga pendidikan.Sekolah hanyalah  salah  satu  dari  subsistem  pendidikan  lembaga  pendidikan  itu  sesungguhnya identik dengan jaringan-jaringan kemasyarakatan.

 

Kata Kunci: Saintifik, Kurikulum

Published
2021-12-31
How to Cite
Khalim, Ainul. 2021. “PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 19 (2), 219-36. https://doi.org/10.36835/jipi.v19i2.3751.
Section
Articles