MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN

  • Alimin Alimin Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Ada hubungan antara proses dan pendidikan yang bermutu. Agar proses tersebut tidak salah arah, mutu atau dalam arti hasil output harus dirumuskan oleh sekolah terlebih dahulu, dan memiliki tujuan jelas yang ingin dicapai setiap tahun dalam jangka waktu tertentu. Berbagai input dan proses selalu mengacu pada mutu hasil output yang ingin dicapai. Sekolah harus mampu menerima nilai-nilai politik, budaya, moral, adat, ajaran agama,  ataupun nilai-nilai lainnya yang dikehendaki. Proses perebutan pengaruh tersebut dapat dilakukakan melalui lembaga-lembaga sosial masyarakat, termasuk lembaga pendidikan melalui proses pendidikan dan pembelajaran sebagai inti bisnisnya. Pada proses pendidikan dan  pembelajaran  itulah  terjadi  aktivitas  kemanusiaan  dan  pemanusiaan  sejati.  Sekolah hanyalah  salah  satu  dari  subsistem  pendidikan  lembaga  pendidikan  itu  sesungguhnya identik dengan jaringan-jaringan kemasyarakatan.

Kata kunci: Manajemen, Mutu, Pendidikan

Published
2021-12-31
How to Cite
Alimin, Alimin. 2021. “MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 19 (2), 237-55. https://doi.org/10.36835/jipi.v19i2.3752.
Section
Articles