MEMPERKUAT PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MENURUT AL-QUR’AN DAN AL-HADITS
Abstract
Pendidikan multikultural memiliki empat makna, yakni pengajaran tentang keragaman budaya sebuah pendekatan asimilasi kultural, pengajaran tentang berbagai pendekatan dalam tata hubungan sosial, pengajaran untuk memajukan pluralisme tanpa membedakan strata sosial dalam masyarakat, dan pengajaran tentang refleksi keragaman untuk meningkatkan pluralisme dan kesamaan. Masyarakat Indonesia masih terpecah menjadi lima lapisan, yaitu lapisan masyarakat ultramodern yang tinggal di kota-kota besar, lapisan masyarakat modern di kota-kota, lapisan masyarakat urban yang jumlahnya terbesar, lapisan masyarakat tradisional di desa-desa, dan lapisan masyarakat terbelakang yang hidup di zaman batu. lembaga pendidikan formal sebagai wadah resmi pembinaan generasi muda diharapkan dapat meningkatkan peranannya dalam pembentukan kepribadian peserta didik melalui peningkatan intensitas dan kualitas pendidikan karakter.
Kata Kunci: Multikultural, Pendidikan Karakter