Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19

  • Nely Rahmatillah Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Dengan adanya keadaan darurat  dimasa pandemi covid 19, maka proses  pembelajaran yang awalnya dapat dilakukan secara tatap muka langsung atau offline berubah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau online. Berdasarkan hal tersebut, pendidik harus mampu merancang sistem pembelajaran yang dapat memotivasi dan meningkatkan keterampilan TIK siswa. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang direview menggunakan 14 publikasi jurnal dalam kurun 6 tahun terakhir.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model blended learning berdampak signifikan terhadap hasil belajar di masa pandemi Covid-19. Selain itu, penerapan model pembelajaran campuran di masa pandemi Covid-19 terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan terdapat pengaruh signifikan pada model blendel learning terhadap peningkatan hasil balajar siswa dimasa covid 19, dengan presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 100% pada tahap proses pembelajaran.

Kata Kunci: Model Blended Learning, Hasil Belajar, masa Pandemi Covid-19

Published
2022-06-30
How to Cite
Rahmatillah, Nely. 2022. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 20 (1), 27-37. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3930.
Section
Articles