PENGEMBANGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN TARGET BELAJAR SISWA

  • Ainul Khalim Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Pada saat pembelajaran metode demonstrasi ini sangat efektif dipakai dalam mengajarkan materi yang menyangkut keterampilan, metode ini dapat membantu siswa ketika mencari jawaban atas pertanyaan contohnya bagaimana cara mengajarkan sesuatu, apabila seorang demonstrator (orang luar yang sengaja diminta) atau seorang guru dan seorang peserta didik memperagakkan kepadah seluruh kelas tentang suatu proses.

Metode demonstrasi sangat baik digunakan untuk mendapatkan deskripsi atau gambaran yang lebih jelas tentang hal yang terkait dengan proses mengatur sesuatu, proses membuat sesuatu, proses bekerjanya sesuatu proses mengerjakan atau menggunakannya komponen-komponen yang membentuk sesuatu membandingkan suatu cara dengan yang lain serta untuk mengetahui atau melihat kebenaran sesuatu. Dengan demikian manfaat penerapan metode demonstrasi adalah 1) proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari 2) perhatian siswa dapat lebih dipusatkan 3) pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa

Kata Kunci: Metode, Demonstrasi

Published
2022-06-30
How to Cite
Khalim, Ainul. 2022. “PENGEMBANGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN TARGET BELAJAR SISWA”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 20 (1), 49-60. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3932.
Section
Articles