PENINGKATAN PEMAHAMAN KARAKTER ISLAM MELALUI PENERAPAN MODEL HALAQAH PADA MAHASISWA MUSLIM PENDIDIKAN MATEMATIKA

  • Abdillah dan Hartono IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman karakter islam melalui penerapan model halaqah pada mahasiswa muslim pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan dan dirancang menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian Aktivitas Dosen dan Murobbi dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model Halaqah pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam di salah satu kelas program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak mengalami peningkatan secara signifikan terutama pada kegiatan memotivasi mahasiswa dalam mengaitkan pengalaman sehari-hari dan kemampuan mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dipahami. Aktivitas mahasiswa dengan penerapan model halaqah sebagian besar mengalami peningkatan, terutama pada kegiatan mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dipelajari, memberikan alasan terhadap jawaban yang diberikannya dan partisipasi dalam menanggapi jawaban mahasiswa lain. persentase aktivitas guru dan mahasiswa sebagai berikut: persentase keterlaksanaan aktivitas guru yang diamati pada siklus kedua adalah sebesar 91% yang termasuk kategori sangat tinggi dan persentase keterlaksanaan aktivitas mahasiswa yang diamati pada siklus kedua adalah sebesar 89% yang termasuk kategori sangat tinggi.

Kata kunci: Karakter Islam, Halaqah, Pendidikan Matematika

Published
2022-06-30
How to Cite
Hartono, A. dan. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN KARAKTER ISLAM MELALUI PENERAPAN MODEL HALAQAH PADA MAHASISWA MUSLIM PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 61-74. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3933
Section
Articles