MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA

  • Qomaruddin Qomaruddin Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Manajemen kesiswaan adalah suatu penataan atau pengaturan segala aktifitas yang berkaitan dengan siswa, yaitu mulai dari masuknya peserta didik sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu lembaga atau madrasah. Jadi sudah jelas bahwa disini yang diatur adalah peserta didiknya. Ary Gunawan mendefinisikan manajemen kesiswaan sebagai seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara terus menerus terhadap seluruh peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar mengajar secara rutin dan disiplin mulai dari penerimaan peserta didik hingga keluarnya peserta didik dari suatu sekolah/madrasah

Karakter sesorang dalam proses perkembangan dan pembentukannya dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor lingkungan (nurture) dan faktor bawaan (nature).Karakter esensial merupakan karakter utama dan pertama yang harus dimiliki setiap individu. Karakter esensial yang dimiliki oleh individu akan membawa implikasi positif bagi terbangunnya karakter yang lain.

Kata kunci: Manajemen, kesiswaan, karakter

Published
2022-06-30
How to Cite
Qomaruddin, Qomaruddin. 2022. “MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 20 (1), 75-98. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3934.
Section
Articles