PENEREAPAN METODE AUDIOLINGUAL DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYYAH ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN

  • Moh. Syafi’i dan Muhammad Tareh Aziz Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik dan UIN Maulana Malik Ibrahim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penerapan metode audiolingual dalam pembelajaran insya’ al-muwajjah di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Roudlotul Mut’allimin. Adapun metode yang dipakai adalah metode penelitian eksperimen, Metode eksperimen adalah observasi dibawah kondisi buatan dimana kondisi tersebut dibuat dan diatur oleh peneliti. Jadi peneliti disini membuat kelas eksperimen dan kelas kontrol pada Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Roudlotul Mut’allimin untuk kelas eksperimen adalah kelas yang dikasih perlakuan metode audiolingual, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang tidak diberikan perlakuan. Dan teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan pree test dan post test yang diberikan kepada kelaas kontrol maupun kelas eksperimen yang ada di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Roudlotul Mut’allimin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Melihat dari perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan metode audiolingual sangat efektif terhadap kemampuan insya’ almuwajjah bagi murid kelas 6  Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Roudlotul Mut’allimin. Adapun nilai dari uji T kelas eksperimen adalah -7.662 jadi tingkat keefektifitasanya adalah -7.662. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode audiolingual dan nilai probobilitasnya adalah :0.00 ini menunjukan bahwa nilai probobilitas pada kelas eksperimen lebih kecil dari 0,05, berarti tingkat kesalahannya sedikit. dalam pembelajaran insya’ al-muwajjah di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Roudlotul Mut’allimin sangat efektif.

Kata kunci : Metode Audiolingual, dan Insya’ Al Muwajjah

Published
2022-06-30
How to Cite
Muhammad Tareh AzizMoh. Syafi’i dan. 2022. “PENEREAPAN METODE AUDIOLINGUAL DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYYAH ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 20 (1), 99-113. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3935.
Section
Articles