ANALISIS PENYEBAB SISWA/I SEKOLAH ISLAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE SEKOLAH UMUM NEGERI

  • Nadila Dwi Puspita, Fina Fianita, Endah Sindangkasih Purnaman dan Syelvira Maharani Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia yaitu sekitar 87% dari keseluruhan populasi. Hal ini didukung dengan banyaknya institusi pendidikan islami seperti pesantren, pondok, madrasah, surau, dayah, dan sekolah Islam. Sekolah Islam dinilai menjadi bentuk paling modern karena berdiri di bawah naungan yayasan swasta, sehingga memiliki fasilitas dan pelayanan yang jauh lebih baik daripada sekolah negeri yang dibiayai pemerintah. Sekolah Islam juga lebih dilirik Muslim menengah ke atas yang menginginkan anaknya bersekolah di tempat yang bermutu tinggi dengan lingkungan yang islami. Hal ini dikarenakan biaya administrasi sekolah Islam yang cukup mahal dibanding sekolah umum.  Berbeda dengan sekolah Islam swasta yang pemasukannya baik itu dari donatur yayasan dan biaya yang ditanggung kepada peserta didiknya, sekolah negeri mendapatkan bantuan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) sehingga sekolah negeri pun umumnya bebas biaya. Meskipun dengan dana yang terbatas, sekolah umum negeri tetap menjadi pilihan utama siswa ketika mendaftar sekolah, dikarenakan banyak keuntungan yang akan didapat dibandingkan di sekolah swasta. Penelitian ini ditulis untuk melihat penyebab siswa/i yang pernah menimba ilmu di sekolah Islam swasta namun memilih untuk melanjutkan studinya di sekolah umum negeri. Selain itu juga, kekurangan dan kelebihan apa saja yang dirasakan siswa setelah pindah ke sekolah umum negeri yang dinaungi pemerintah tersebut.

 

Kata Kunci: sekolah Islam, sekolah swasta, sekolah umum negeri

Published
2022-06-30
How to Cite
Endah Sindangkasih Purnaman dan Syelvira Maharani Dewi, Nadila Dwi Puspita, Fina Fianita,. 2022. “ANALISIS PENYEBAB SISWA/I SEKOLAH ISLAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE SEKOLAH UMUM NEGERI”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 20 (1), 126-38. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3937.
Section
Articles