TEORI OPERANT CONDITIONING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN BAHASA ARAB

  • Moh. Maghfur Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Penguatan positif (positive reinforcement) adalah suatu rangsangan atau stimulus yang diberikan untuk memperkuat kemungkinan munculnya suatu perilaku yang baik sehingga respons menjadi meningkat karena diikuti dengan stimulus yang mendukung. Sebagai contoh, seorang anak yang pada dasarnya memiliki sifat pemalu diminta oleh guru maju ke depan kelas untuk menceritakan sebuah gambar yang dibuat oleh anak itu sendiri. Setelah anak tersebut membacakan cerita, guru memberikan pujian kepada anak tersebut dan teman-teman sekelasnya bertepuk tangan. Ketika hal tersebut berlangsung berulang-ulang, maka pada akhirnya anak tersebut menjadi lebih berani untuk maju ke depan kelas, bahkan kemungkinan sifat pemalunya akan hilang. Motivasi adalah perubahan energy dalam diri(pribadi) seseorang yang ditandai denagn timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Didalam perumusan ini kita dapayt lihat, bahwa ada tiga unsure yang saling berkaitan.

 

Kata Kunc: Operant, Conditing, Bahasa inggris, bahasa arab

Published
2022-06-30
How to Cite
Maghfur, Moh. 2022. “TEORI OPERANT CONDITIONING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN BAHASA ARAB”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 20 (1), 139-58. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3938.
Section
Articles