Membangun Nilai-Nilai Religius Dalam Kesenian Syarafal Anam Desa Pagar Agung

  • Trio Adetia UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU
  • Moch. Iqbal Universitas Islam Negeri Fatmawati Suekarno Bengkulu
Keywords: Values, Religion, Sarafal Anam.

Abstract

Di desa Pagar Agung, tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki perkembangan nilai-nilai agama dalam kaitannya dengan kesenian Sarafal Anam. Penelitian ini membahas masalah bagaimana menanamkan nilai-nilai agama dalam kesenian sarafal Anam desa Pagar Agung. Studi eksplorasi digunakan dalam metode penelitian, sedangkan pendekatan ini bergantung pada penelitian kualitatif. Nilai-nilai agama berikut ditemukan di desa Pagar Agung seni Saraf Anam:Pertama, dalam seni Sarafal Anam, ada nilai-nilai sosial seperti bekerja sama dan bersama. Pendirian situs pementasan Sarafal Anam, yang dilakukan dalam gotong royong, mencontohkan pentingnya gotong royong. Ender hanya dapat dibentuk dalam kelompok daripada secara individu. Kedua, penggunaan nuansa Arab dan Islami dalam lagu-lagu menunjukkan makna spiritual seni Sarafal Anam. Ini menyampaikan pentingnya utusan Allah dan ketuhanan. Penyampaian ini dimaksudkan untuk membawa orang lebih dekat kepada dewa yang benar. Ketiga, seni Sarafal Anam menempatkan nilai tinggi pada keindahan, sebagaimana dibuktikan dengan melantunkan syair-syair yang sama menyenangkannya dengan yang indah.

References

Anwar, M., Din, O., & Zakaria, Z. (2010). Kesenian Bernuansa Islam Suku Melayu Minangkabau. Jurnal Melayu, 5, 227–249.

Harahap, R. (2016). Nilai-Nilai Budaya Lokal Dalam Budaya Islam Pada Masyarakat Lembak Di Kota Bengkulu. Tsaqofah & Tarikh, 1(2), 191–208.

Hidayat, R. A. (2022). Macapat Al-Qur’an: Religious Literature and Oral Tradition in Rural Java. Proceedings of the International Symposium on Religious Literature and Heritage (ISLAGE 2021), 644(Islage 2021), 195–204. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220206.025

Małgorzata Maria Kulik, Halina Rutyna, Małgorzata Stec, A. W. (2020). Aesthetic and Educational Aspects of Contact with Contemporary Religious Architecture. Religious, 2, 30–33. https://doi.org/10.21661/r-530599

Mikházi, Z., Csemez, A., & Máté, K. (2016). The role of calvaries in Hungarian religious tourism. Journal of Tourism Challenges and Trends, IX(1), 63–92.

Muniri, ., & Swalaganata, G. (2020). Internalizing Religious Values into Ethno-Mathematics as an Effort to Strengthen Character Building: An Ethno-Mathematics Integration Study. Science and Technology Publications, 5(2), 466–473. https://doi.org/10.5220/0008523804660473

Nugrahani, R., Triyanto, Ibnan Syarif, M., & Rohendi Rohidi, T. (2020). Education Through Art in Virtual Community: Strengthening Religious Values Through Illustration Artworks. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(2), 52–57. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.82e05

Palmeirão, J., Marco, A., Carvalho, S., Moreira, P. R., & Vieira, E. (2018). The shift of paradigm when religious artworks become heritage: The dilemma of material vs. immaterial significance. An overview of Portuguese reliquaries and mural paintings. Heritage for Future, 1(December), 375–379. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36478.64323

Pusparini, N., Rohmadi, M., & Wibowo, P. A. W. (2021). Religious Values in Bangilun Dance Verse and Its Pedagogical Relevance to Character Building. Humaniora, 12(3), 225–231. https://doi.org/10.21512/humaniora.v12i3.6964

Taherkhani, R., & Hoseinnezhad, Z. (2021). Analytical-descriptive Study of the Role of Art and Architecture in Strengthening the Spiritual Dimensions of Tourism with Emphasis on Aesthetic Elements (Case study: Seven examples of historical and religious buildings in Qazvin). Journal Tourism Culture, 5(2), 103–131.

Umi Nasikhah, Zulkifli, & Nurudin. (2021). Building a Religious Culture in School Environment. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 2(1), 64–73. https://doi.org/10.37567/ijgie.v2i1.418

Wadiyo, W. L., & Utomo, U. (2016). Syarofal Anam : Fungsionalisme Struktural pada Sanggar Annajjam Kota Palembang. Catharsis: Journal of Arts Education, 5(2), 84–90.

Warner-Søderholm, G., & Kriger, M. (2014). The Art of Dealing with Religious and Cultural Diversity in the Classroom. International Journal of Business and Management, 9(10), 149–160. https://doi.org/10.5539/ijbm.v9n10p149

Zubaedi, Z., Utomo, P., Kholidin, F., & Rahmawati, N. (2020). Nilai Kerja dalam Teks Mawlid Syarf Al-Anam dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Pribadi-Sosial Melalui Kesenian Islam Syarofal Anam : Kajian Hermeneutika Gadamerian. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2), 428–444. https://doi.org/10.29300/atmipi.v19.i2.4002

Published
2023-12-31
How to Cite
Adetia, T., & Iqbal, M. (2023). Membangun Nilai-Nilai Religius Dalam Kesenian Syarafal Anam Desa Pagar Agung. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 21(2), 216-226. https://doi.org/10.36835/jipi.v21i2.3962
Section
Articles