KONSTRIBUSI KETERAMPILAN 4C TERHADAP PROJEK PENGUATAN PROPIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Saat ini disekolah kurang maksimal pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar pancasila disinkat dengan P5 pada kurikulum merdeka yang mana pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar masih terpusat kepada guru dan dengan keterampilan 4C akan menjadikan proses belajar mengajar menjadi terpusat kepada sisiwa dan berkarakter. Pada penlitian ini peneliti perlu menkaji lebih dalam tentang konstribusi keterampilan 4C dalam pelaksanaan P5 pada kurikulum merdeka sehingga siswa akan memilki keterampilan bekerja sama , keterampilan kreatifitas, keterampilan berpikir kritis dan mampu berkomunikasi dengan baik sehingga meningkatkan akhlak atau karakter siswa tersebut. Peneliti mengunakan metode kepustakaan dengan cara dikumpulkan bahan bacaan yang relevan sesuai dengan masalah peneliti dan menghasilkan temuan peneliti. Dengan 4C pada pelaksanaan P5 peserta didik bisa menghasil peserta didik akan berkualitas apabila peserta didik cepat memahami apa yang disampaikan pendidik dan teman – teman sekelompok kerja dengan cara komunikasi, karakter gotong – royong bisa terbentuk pada peserta didik dengan kerja sama sehinga melahir peserta didik yang tidak mementingkan diri sendiri. menhasil siswa yang beroikir kritis, berinovasi dan kreativitas. Jadi dengan 4C pada pelaksanaan P5 peserta didik bisa menjadi jawaban dari tantangan abad 21 dan 4C bisa memberi konstribusi pada pelaksanaan P5 pada kurikulum merdeka.
Kata Kunci : Keterampilan 4C, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka