KONSTRIBUSI KETERAMPILAN 4C TERHADAP PROJEK PENGUATAN PROPIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA

  • Anton dan Ridwal Trisoni UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Abstract

Saat ini disekolah  kurang maksimal pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar pancasila disinkat dengan P5 pada kurikulum merdeka  yang mana pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar   masih terpusat kepada guru dan dengan keterampilan 4C akan menjadikan proses belajar mengajar menjadi terpusat kepada sisiwa dan  berkarakter. Pada penlitian ini peneliti perlu menkaji lebih dalam tentang konstribusi  keterampilan 4C  dalam pelaksanaan P5 pada kurikulum merdeka sehingga  siswa akan memilki keterampilan bekerja sama , keterampilan kreatifitas, keterampilan berpikir kritis dan mampu berkomunikasi dengan baik sehingga meningkatkan akhlak atau karakter siswa tersebut. Peneliti mengunakan metode kepustakaan dengan cara dikumpulkan bahan bacaan yang relevan sesuai dengan masalah peneliti dan menghasilkan temuan peneliti. Dengan 4C  pada pelaksanaan P5  peserta didik bisa menghasil  peserta didik akan  berkualitas apabila peserta didik cepat memahami apa yang disampaikan pendidik dan teman – teman sekelompok kerja dengan cara  komunikasi, karakter gotong – royong bisa terbentuk pada peserta didik dengan kerja sama sehinga melahir peserta didik yang tidak mementingkan diri sendiri. menhasil siswa yang beroikir kritis, berinovasi dan kreativitas. Jadi dengan 4C  pada pelaksanaan P5  peserta didik bisa menjadi jawaban dari tantangan abad 21 dan 4C bisa memberi konstribusi pada pelaksanaan P5 pada kurikulum merdeka.

Kata Kunci : Keterampilan 4C, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Published
2022-12-30
How to Cite
Ridwal Trisoni, A. dan. (2022). KONSTRIBUSI KETERAMPILAN 4C TERHADAP PROJEK PENGUATAN PROPIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(2), 318-328. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i2.4008
Section
Articles