INTERNALISASI AQIDAH AKHLAK DALAM UPAYA MEMBENTUK PRILAKU PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0

  • Hosen Hosen STAI Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

Abstract

ABSTRAK

Lembaga Pendidik merupakan suatu wadah yang berguna untuk membina manusia, membawa ke arah masa depan yang lebih baik. Setiap orang yang berada pada wadah tersebut akan mengalami perubahan dan perkembangan menurut warna dan corak institusi tersebut terlebih di masa yang saat ini disebut Era Society 5.0. Maka aqidah Akhlak hendaknya terealisasi dalam pergaulan dan dalam proses pembelajaran siswa di Era Scuety 5.0 ini, sehingga dapat memperbaiki pendidikan seseorang dan pola pergaulan yang akhir-akhir ini makin memprihatinkan akibat perkembangan teknologi yang semakin didepan. Pendidikan Islam mempunyai peluang yang lebih besar untuk berfungsi sebagai media sosialisasi nilai-nilai ajaran agama kepada peserta didik secara lebih efektif  karena diberikan sejak dini. Sifat keagamaan yang melekat pada kelembagaannya menjadikan lembaga pendidikan Islam mempunyai mandat yang kuat untuk melakukan peran tersebut.

Metode ini menggunakan jenis penelitian library Reseach. Tekinik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi yaitu mengumpulkan tulisan yang berkenaan dengan tema adalah buku-buku tentang pendidikan Islam dan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan tema yang diangkat, jurnal, artikal, majalah dan buku-buku lainnya. Sehingga penelitian ini menghasilkan bahwa, Internalisasi Aqidah Akhlak Terhadap peserta didik, di antaranya. 1) Akhlak terhadap Allah SWT. 2) Akhlak terhadap sesama manusia. 3) Akhlak terhadap lingkungan. Sedangkan Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengifaluasi Di Era Scuety, di antaranya, 1) Mengawasi dan membimbing dalam menciptakan dilingkungan sekolah yang baik serta meminta wali murid agar ikut berpartisipasi. 2) Mengawasi serta memberikan pencerahan mengenai dampak dari penyalah gunaan internet melalui media LCD Proyektor agar lebih mudah dipahami. Sedangkan Peran Pesantren Dalam Memberikan Penjelasan Tentang Penggunanan Media Sosial Di Era Scuety 5.0 di antaranya; 1) Memberikan bimbingan atau arahan dalam menggunakan media sosial yang baik. 2) Kesadaran dari masing-masing elemen pesantren, lembaga atas tugas dan kewajibannya.

Kata Kunci: Internalisasi, Aqidah Akhlak, peserta didik, Era Society 5.0,

            

ABSTRACT

Educational Institutions are a useful container for fostering human beings, leading to a better future. Everyone who is in the container will experience changes and developments according to the color and style of the institution, especially during what is currently called the Security Era 5.0. So the Aqeedah of Morals should be realized in society and in the learning process of students in the Scuety 5.0 Era, so that it can improve one's education and social patterns which have recently become increasingly concerning due to technological developments that are increasingly at the forefront. Islamic education has a greater opportunity to function as a medium for socializing the values ​​of religious teachings to students more effectively because it is given early. The religious nature inherent in its institutions makes Islamic educational institutions have a strong mandate to carry out this role.

This method uses the research type Research library. The data collection technique uses documentation, namely collecting writings related to the theme, namely books on Islamic education and those related to the sciences related to the theme raised, journals, articles, magazines and other books. So that this research results that, Internalization of Aqidah Akhlak towards students, among others. 1) Morals towards Allah SWT. 2) Morals towards fellow human beings. 3) Morals towards the environment. Meanwhile, the roles of teachers and parents in evaluating in the Scuety Era include: 1) Supervising and guiding in creating a good school environment and asking parents to participate. 2) Supervise and provide enlightenment regarding the impact of internet abuse through LCD Projector media to make it easier to understand. Meanwhile, the Role of Islamic Boarding Schools in Providing Explanations about the Use of Social Media in the Scuety 5.0 Era includes; 1) Provide guidance or direction in using social media properly. 2) Awareness of each element of the pesantren, the institution for their duties and obligations.

Keyword: Internalization, Aqidah Akhlak, Students, Era Society 5.0

Published
2023-06-29
How to Cite
Hosen, H. (2023). INTERNALISASI AQIDAH AKHLAK DALAM UPAYA MEMBENTUK PRILAKU PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 21(1), 154-170. https://doi.org/10.36835/jipi.v21i1.4053
Section
Articles