Systematic Review: Implementasi Mind mapping Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

  • Munawir munawir Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Putri Regina Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ananda Eka Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Riza Zulmi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Salsabila Laili Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Materi sejarah yang bersifat normatif tanpa disertai strategi pembelajaran yang membangkitkan kehidupan pada pembelajaran SKI dapat sulit diterima oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi teknik mind mapping dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui sebuah systematic review terhadap 11 artikel yang ditemukan melalui Google Scholar. Mind mapping dianggap sebagai metode yang mampu memfasilitasi pembelajaran yang aktif, kreatif, dan terorganisir dengan memvisualisasikan hubungan antar konsep, fakta, dan peristiwa sejarah. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya perangkat lunak mind mapping, diperkenalkan sebagai potensi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Metode inklusi dan ekslusi dengan menggunakan PICO digunakan dalam seleksi data, dengan artikel-artikel terpilih antara tahun 2019-2023. Proses identifikasi, ekstraksi data, dan sintesis artikel dilakukan untuk menyajikan gambaran komprehensif mengenai peran serta dampak penggunaan mind mapping dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasilnya diharapkan memberikan wawasan mendalam kepada para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan terkait potensi dan keterbatasan penerapan mind mapping dalam konteks pembelajaran sejarah kebudayaan Islam.

Published
2023-12-30
How to Cite
munawir, M., Regina, P., Eka, A., Zulmi, R., & Laili, S. (2023). Systematic Review: Implementasi Mind mapping Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 21(2), 186-193. https://doi.org/10.36835/jipi.v21i2.4087
Section
Articles