UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 3B MELALUI METODE CERAMAH INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PAI DI SDN PALUMBONSARI III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) melalui metode ceramah interaktif dengan menggunakan desain Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dilakukan dalam 2 siklus, yang melibatkan tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan di SDN Palumbonsari III dengan
subjek penelitian sebanyak 50 siswa kelas 3B, pendekatan yang digunakan adalah kombinasi antara
kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi minat
belajar, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat
belajar siswa sebesar 11,25% dari siklus I sebesar 75% ke siklus II sebesar 86,25%, dan
peningkatan hasil belajar sebesar 6% dari siklus I sebesar 86% ke siklus II sebesar 92%. Hasil
wawancara dengan siswa juga mendukung hasil observasi, dimana mayoritas siswa menyatakan
bahwa mereka mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Metode ceramah interaktif
terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, dengan interaksi guru-siswa,
penggunaan media, dan partisipasi siswa sebagai faktor kontributor utama.
References
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). VARIABEL BELAJAR (KOMPILASI KONSEP).
Damanik, W. J., & Syahputra, E. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model discovery
learning. Jurnal Inspiratif, 4(1), 27-38.
Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan
metode ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43-56.
Hasan Assuyuti, M., Qosim, N., Fitria, L., Islam, U., & Hasan Genggong, Z. (2022).
MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 MA. ZAINUL
HASAN 1 GENGGONG MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAAN ISLAM
MELALUI METODE CERAMAH INTERAKTIF Program study Manajemen pendidikan
islam Fakultas tarbiyah. COMMUNITY Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 72–78.
Hidayati, H. (2022). Belajar Pembelajaran Dalam Metode Ceramah.
Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi media pembelajaran
pendidikan agama Islam melalui media audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-50.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal
kependidikan, 5(2), 216-232.
Ridwan, A., Abdurrohim, A., & Mustofa, T. (2023). Implementasi Metode Diskusi Dalam
Meningkatkan Semangat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn
Plawad 04. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 276-283.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan
Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.
https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023, September). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing
Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), (Vol. 5, pp. 84-90).
Savira, AN, Fatmawati, R., Rozin Z, M., & Eko S, M. (2018). PENINGKATAN MINAT
BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH
INTERAKTIF. Faktor M.
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404-13408.
Yulianti, D. (2021). Analisis Penggunaan Ice breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah
Dasar (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Copyright (c) 2024 Adila Rizkita Helmi, Dzikri Alfarisi, Ersa Mutiani, M. Makbul, Nur Aini Farida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.