Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV SDN Kalangsari V Melalui Metode Reading Guide dalam Pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP)

  • Adzillani Tahta Arsyika Arsyika Universitas singaperbangsa karawang
  • Salwa Halimatussadiyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Safa Zukhrufi Fitri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Reading Guide terhadap peningkatan literasi siswa kelas IV di SDN Kalangsari V. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Kalangsari V yang berjumlah 18 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes literasi sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Reading Guide.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi siswa kelas IV SDN Kalangsari V setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Reading Guide. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata tes literasi siswa dari 71% pada pre-test menjadi 82% pada post-test. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode Reading Guide efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas IV SDN Kalangsari V..

References

Arwida Endah Zuhari, Nana Djumhana, Effy Muyasari. (2018). Penerapan Metode Guide Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa IV SD. Universitas Pendidikan Indonesia: Jurna Pendidikan Guru Sekoah Dasar, Vo. III No. II.

Ila Nur Aeni, Ismail Marzuki. (2023). Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Kemampuan literasi Peserta Didik di SDN Tlogorejo. Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia: Jurna Papeda; Vo. 5, No. 2.

Rukminingsih, Gunawan Adnan, Mohammad Adnan atief. (2020). Metode Peneitian Pendidikan

Kuantitatif, Penelitian Kuaitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Sleman Yogyakarta: Erhaka Utama

Tri Aulia, Titin, Eko Sri Wahyuni. (2024). Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs Al-Muhajirin Rasau Jaya. Universitas Tanjungpura:PTK, Vo.4 No.2

Published
2024-06-04
How to Cite
Arsyika, Adzillani Tahta Arsyika, Salwa Halimatussadiyah, Safa Zukhrufi Fitri, Nur Aini Farida, and M. Makbul. 2024. “Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV SDN Kalangsari V Melalui Metode Reading Guide Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti (PABP)”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 23 (2), 253-59. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i2.4170.
Section
Articles