Penggunan Metode Kooperatif Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Karawang Barat

  • Hami Faqihah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lily Sosiowati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Naufal Zainul Haq Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Two stay two Stray, Activeness, PTK

Abstract

Use of the Two Stay Two Stray Cooperative Method in Increasing the Active Learning of PAI Class VIII Students of SMPN 2 West Karawang. This research aims to determine to what extent the use of the Two Stay Two Stray method can increase the active learning of class VIII students of SMPN 2 West Karawang in PAI subjects. The Two Stay Two Stray method is a cooperative learning model that emphasizes cooperation and positive interdependence among group members. In this research, the author conducted research regarding the implementation of the Two Stay Two Stray type cooperative learning strategy at SMPN 2 West Karawang. The results of this research show that using the Two Stay Two Stray method can increase students' active learning in PAI learning.

References

Arikunto, S. & J. C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta ; Bumi Aksara.

Elia silabana. (2019). penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two stray untuk

meningkatkan aktifitas pelajaran matematika ( PTK pada siswa IVC SD Negri 01 Kota

bengkulu ). 18(no 1).

Febryan Edwin Nur Ramadhan dan Wardan Suyanto. (2019). Implementasi Metode

Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar

teknologi dasar otomotif siswa kelas X TKRB SMKN 1 SEDAYU.

Khairatun Nisa. (2021). penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk

meningkatkan hasil belajar Fiqh di MTSN 1 BLANGKEJEREN.

MELIKHATUN. (2016). impelemntasi metode Two Stay Two Stray untuk meningkatkan

keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas x-3 di SMA Muhamadiyah

Mutilan kabupaten magelang.

Nurulanningsih, M. P. (2023). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SEBAGAI

PENGEMBANGAN PROFESI GURU BAHASA INDONESIA.

Rofiqoh. (2020). Model Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran matematika sekolah

dasar.

Tri aulia, Titin, & Eko Sri Wahyuni. (2024). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan

model kooperatif tipe Teams Assisted Individualization dikelas VII Mts Al- Muhajirin

Rasau Jaya. 4.

TRI HANDAYANI. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE

TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN

PELUANG PISAU.

Tri Purnomo Aji, & Siti Sri Wulandari. (2021). Copyright © 2021, Journal of Ofice

Administration: Education and Practice E-ISSN 2797-1139 340 Analisis Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar

Siswa.

Published
2024-06-30
How to Cite
Faqihah, H., Sosiowati, L., Naufal Zainul Haq, M., Aini Farida, N., & Makbul, M. (2024). Penggunan Metode Kooperatif Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Karawang Barat . Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(02), 357-365. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i02.4183
Section
Articles