Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Rangka Pelayanan Publik di SMAN 3 Karawang

  • Defi Tri Mulyani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ilham Fahmi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Faizin Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Manajemen Peserta Didik, Pelayanan Publik

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui proses manajemen peserta didik yang terwujud dalam pelayanan publik pada SMAN 3 Karawang , yang memiliki ciri khas dengan mengedepankan nilai – nilai agama dan akhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen peserta didik dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa SMAN 3 Karawang. Metode penelitian yang dilakukan dengan metode penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk mengumpulkan data lapangan tentang fenomena yang terjadi secara menyeluruh, dan kemudian menggunakan analisis secara mendalam mengenai hasil yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukan, proses manajemen peserta didik pada SMAN 3 Karawang ini tentunya berbeda dengan proses manajemen peserta didik pada sekolah umum, meskipun terdapat kemiripan tapi tidak akan terlalu sama dan memiliki ciri khas tersendiri.. Berdasarkan hasil observasi, Manajemen peserta didik dalam rangka pelayanan publik kepada peserta didik yang diterapkan di SMAN 3 Karawang sudah sesuai dengan standar manajemen peserta didik pada umumnya akan tetapi memiliki ciri khas tertentu

References

Moleong, L. J. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rifa’i Muhamad. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas

Pembelajaran). Medan: CV. Widya Puspita

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Winardi, 1990, Manajemen Personalia, Sumber Daya Manusia , Bandung: Alumni.

Published
2024-06-03
How to Cite
Tri Mulyani, Defi, Ilham Fahmi, and Muhammad Faizin. 2024. “Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Rangka Pelayanan Publik Di SMAN 3 Karawang ”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 23 (2), 45-51. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i2.4219.
Section
Articles