Implementasi Metode Amtsal dalam Meningkatkan Antusiasme Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Ibadah ; Umroh di MI Al - Mujahidin Telagasari

  • Jennifer Abelia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Widi Astuti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rizki Rijalallah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Metode Amtsal, Antusiasme, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menegtahui peningkatan antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran Fiqih di MI Al - Mujahidin Telagasari kelas 5 yang berjumlah 38 peserat didik dengan menggunakan Metode Amtsal yang dapat menstimulasi imajinasi peserta didik melalui ilustrasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini melalui beberapa tahapan dan 2 siklus diantaranya; perencanaan (plan), pengamatan (observe), pelaksanaan (action), dan refleksi (reflection). Data dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan penggunaan metode amtsal pada peoses pembeajaran Fiqih dapat meningkatkan antusiasme siswa secara signifikan. Melalui implementasi metode amtsal peserta didik bisa memahami materi, rukun, perbedaan haji dan umroh, serta tatacara melaksanakan ibadah umroh. Degan antuisiasme yang tinggi maka berdampak baik pula untuk tingkat pemahaman yang tinggi.

References

Adinda Dwi Agustin, d. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI YUK WUDU

UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME PEMBELAJARAN PAI BAB WUDU DI SD.

Fashluna .

Andini, F. (Januari 2024). ANALISIS ANTUSIASME SISWA TERHADAP PROSES BELAJAR

MENGAJAR DI DESA KERAPUH, KECAMATAN DOLOK MASIHUL. Al - Furqan : Jurnal

Agama, Sosial, dan Budaya .

Dede Rizal Munir, J. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Kepercayaan Diri Siswa

Menggunakan Metode Think Pair Share . PTK : Jurnal Tindakan Kelas .

dkk, T. H. (2023). Model Pembelajaran Amtsal Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam. Jurnal Stiqzad.

Hasibuan, S. M. (2021). Pengaruh Metode Amtsal (Perumpamaan) terhadap Motivasi Belajar

Siswa Kelas VII Padamata Pelajaran Fiqih di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim 02

Batam. Jurnal STIT HIdayatullah .

Nursaadah. (n.d.). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Teknik

Make a Match pada Siswa Kelas III SD Inpres Bumi Bahari . Jurnal Kreatif Tadulako Online

.

Safi'i, M. (2019). IMPLEMENTASI METODE AMTSAL AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN

AKIDAH AKHLAK DI MTs AN-NIDHAM KALISARI SAYUNG DEMAK. unissla institutional

repository .

Siti Zazak Soraya, d. (2023 ). Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Berbasis Video di SMPN 1 Balong Ponorogo. Mu'alim : Jurnal Pendidikan Islam .

Ulfah. (2022). Konsep Metode Amstal dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Digital

Respository.

Published
2024-06-05
How to Cite
Abelia, Jennifer, Widi Astuti, Rizki Rijalallah, M. Makbul, and Nur Aini Farida. 2024. “Implementasi Metode Amtsal Dalam Meningkatkan Antusiasme Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Ibadah ; Umroh Di MI Al - Mujahidin Telagasari ”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 23 (2), 317-24. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i2.4240.
Section
Articles