Implementasi Metode Cooperative Learning Tipe TGT Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas 4 SDN Bantargebang V Kota Bekasi

  • Aurelya Dwi Maharani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Bintang Abyadh Ramadhan Rizhan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Elvina Elvina Cindy Permata Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: pembelajaran kooperatif tipe TGT, mata pelajaran PAI, hasil belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe tgt, melalui model penelitian "kurt lewin" dengan 4 tahapan dalam 2 siklus. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang datanya dianalisis melalui teknik analisis data kuantitatif, tepatnya menggunakan rumus untuk mencari rata-rata hasil belajar siswa pada aplikasi Microsoft Excel atau biasa dikenal dengan rumus "rata-rata" Sesuai dengan judul artikel penulis, disini penulis mencari hasil belajar siswa kelas 4 SDN Bantargebang V melalui media LKPD, PowerPoint, video animasi, dan situs web Wordwall dengan fitur "WordSearch" Pengamatan hasil belajar siswa di kelas 4 dilihat dari nilai individu dan kelompok. Alasan penulis menggunakan media dan metode di atas adalah karena pembelajaran tidak monoton dan lebih efektif

References

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2016). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. IO

Publisher.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN . FITRAH Jurnal Kajian

Ilmu-ilmu Keislaman .

Roihah, Marli, S., & Rosnita. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENERAPKAN

MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS IV SD PONTIANAK TENGGARA.

Media neliti, 1-2.

Sari, S. P., Aprilia, S., & Khalifatussadiah. (2020). PENGGUNAAN METODE MAKE A

MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Educational

Journal of Elementary School.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.

Ujeng, Husain, N., & Paudi, R. I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan

Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres 1 Siney. Jurnal Kreatif Tadulako .

Widayati, A. (2008). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. JURNAL PENDIDIKAN

AKUNTANSI INDONESIA.

Published
2024-06-05
How to Cite
Dwi Maharani, Aurelya, Bintang Abyadh Ramadhan Rizhan, Elvina Elvina Cindy Permata, M. Makbul, and Nur Aini Farida. 2024. “Implementasi Metode Cooperative Learning Tipe TGT Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas 4 SDN Bantargebang V Kota Bekasi”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 23 (2), 337-56. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i2.4241.
Section
Articles