Implementasi Metode Cooperative Learning Tipe TGT Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas 4 SDN Bantargebang V Kota Bekasi
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe tgt, melalui model penelitian "kurt lewin" dengan 4 tahapan dalam 2 siklus. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang datanya dianalisis melalui teknik analisis data kuantitatif, tepatnya menggunakan rumus untuk mencari rata-rata hasil belajar siswa pada aplikasi Microsoft Excel atau biasa dikenal dengan rumus "rata-rata" Sesuai dengan judul artikel penulis, disini penulis mencari hasil belajar siswa kelas 4 SDN Bantargebang V melalui media LKPD, PowerPoint, video animasi, dan situs web Wordwall dengan fitur "WordSearch" Pengamatan hasil belajar siswa di kelas 4 dilihat dari nilai individu dan kelompok. Alasan penulis menggunakan media dan metode di atas adalah karena pembelajaran tidak monoton dan lebih efektif
References
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2016). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. IO
Publisher.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN . FITRAH Jurnal Kajian
Ilmu-ilmu Keislaman .
Roihah, Marli, S., & Rosnita. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENERAPKAN
MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS IV SD PONTIANAK TENGGARA.
Media neliti, 1-2.
Sari, S. P., Aprilia, S., & Khalifatussadiah. (2020). PENGGUNAAN METODE MAKE A
MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Educational
Journal of Elementary School.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.
Ujeng, Husain, N., & Paudi, R. I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan
Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres 1 Siney. Jurnal Kreatif Tadulako .
Widayati, A. (2008). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. JURNAL PENDIDIKAN
AKUNTANSI INDONESIA.
Copyright (c) 2024 Aurelya Dwi Maharani, Bintang Abyadh Ramadhan Rizhan, Elvina Elvina Cindy Permata, M. Makbul, Nur Aini Farida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.