Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Pembelajaran PAI Dengan Metode Kooperatif Tipe TGT (teams games tournament)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang pemanfaatan dan keberhasilan model pembelajaran cooperative tipe TGT ( Teams Games Tournament ) dengan media quiz sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Karawang dengan subyek penelitian siswa kelas XI.8 yang berjumlah 30 murid. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),menggunakan model Kurt Lewin,dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah pokok yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) obsevasi (observating), dan (4) refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar PAI siswa pada siklus I yaitu 86% siswa yang tuntas dengan dengan rata rata kelas 80,meningkat pada siklus II mencapai 99% siswa yang tuntas dengan rata rata kelas 90. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media quiz interajtif dapat meningkatan konsentrasi hasil belajar PAI.
References
Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Citapustaka Media, 89.
Astuti, Y. A. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(teams games tournamen) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sisikologi. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Hajriyanto, H., & Rahayu, D. V. (2023). Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Core Siswa Sekolah Menengah. 4(1), 115–124.
Ida Meutiawati. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Visipena Journal, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1– 27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Muhammad Anugrah. (2019). penelitian tindakan kelas. leutikkaprio. Musci, M. C. (2018). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA
PELAJARAN PAI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BULUPODDO KABUPATEN SINJAI. 145.
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, & Mulasi, S. (2021). Pnelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. In CV Adanu Abimata.
Robiatussadiyah, D., Dyas Fitriani, A., & Kosasih, A. (2023). PEDADIDAKTIKA: JURNAL
ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams GamesTournament (TGT). All Rights Reserved, 10(3), 424–433. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Sitti Ratna Dewi, Arifin, H. R. F. (2016). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 WAKORUMBA SELATAN KABUPATEN MUNA. Al-Ta’dib, 1–21.
Copyright (c) 2024 Lulu Nur Labibah, Mimi Nur Indah, Mohammad Hisyam Erlangga Pata, Nur Aini Farida, M. Makbul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.