Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah yang Efektif dan Berkualitas di SMPN 3 Cikarang Timur

  • Muhammad Raafi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Naurasyifa Iftinannisa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lina Faulina Raudhatul Jannah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hasri Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Peran Kepemimpinan, Kualitas Pendidikan, Perencanaan Berbasis Data

Abstract

Penelitian ini menggunakan rumusan topik penelitiannya untuk menjelaskan tentang keterlibatan pimpinan dalam peningkatan mutu pendidikan di SMPN 3 Cikarang Timur melalui penerapan Perencanaan Berbasis Data (Data-Based Planning). Kerangka metodologi penelitian ini adalah kualitatif dan fenomenologis naturalistik. Wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi merupakan metode utama yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini. Kepala sekolah berperan sebagai informan dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang diperoleh, terlihat jelas bahwa kepala sekolah telah menjadi seorang pemimpin, manajer, dan wirausahawan yang efektif yang telah berupaya meningkatkan standar belajar siswa. Strategi Perencanaan Berbasis Data (DBP) yang diterapkan untuk meningkatkan pendidikan di SMPN 3 Cikarang Timur patut dipuji. Hal ini terlihat dari terjalinnya kerjasama dan komunikasi yang efektif antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, guru, dan karyawan dalam memenuhi tanggung jawab masing-masing dan mencapai capaian pendidikan yang diinginkan.

References

Ahmad Yusuf Sobri. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif dalam Menciptakan

Sekolah Efektif. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 23–44.

Ekosiswoyo, R. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas

Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82.

Fadli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Muhammad Fadhli Pendahuluan

Mutu merupakan sesuatu yang dianggap salah satu bagian penting , karena mutu pada

dasarnya menunjukkan keunggulan suatu produk jika dibandingkan dengan produk lainnya .

Penignkatan mutu mer. Jurnal Studi Management Pendidikan, 1(02), 26.

Harweli, D., & Aprison, W. (2024). Pesantren: Problematika dan Solusi Pengembangannya. Journal

on Education, 06(02), 12058–12068.

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam

Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education

Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12

Muljawan, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Sekolah Efektif. Jurnal AsySyukriyyah,

(1),

–157.

https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.29

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan,

Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam,

(1), 1–8.

Smith, W. F. (2020). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin. Jurnal Perspektif, 13(1), 32–37.

https://doi.org/10.53746/perspektif.v13i1.7

Published
2024-12-31
How to Cite
Raafi, M., Iftinannisa, N., Raudhatul Jannah, L. F., Lestari, H., & Permana, H. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah yang Efektif dan Berkualitas di SMPN 3 Cikarang Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(4), 395- 404. https://doi.org/10.36835/jipi.v22i4.4298