Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah yang Efektif dan Berkualitas di SMPN 3 Cikarang Timur
Abstract
Penelitian ini menggunakan rumusan topik penelitiannya untuk menjelaskan tentang keterlibatan pimpinan dalam peningkatan mutu pendidikan di SMPN 3 Cikarang Timur melalui penerapan Perencanaan Berbasis Data (Data-Based Planning). Kerangka metodologi penelitian ini adalah kualitatif dan fenomenologis naturalistik. Wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi merupakan metode utama yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini. Kepala sekolah berperan sebagai informan dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang diperoleh, terlihat jelas bahwa kepala sekolah telah menjadi seorang pemimpin, manajer, dan wirausahawan yang efektif yang telah berupaya meningkatkan standar belajar siswa. Strategi Perencanaan Berbasis Data (DBP) yang diterapkan untuk meningkatkan pendidikan di SMPN 3 Cikarang Timur patut dipuji. Hal ini terlihat dari terjalinnya kerjasama dan komunikasi yang efektif antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, guru, dan karyawan dalam memenuhi tanggung jawab masing-masing dan mencapai capaian pendidikan yang diinginkan.
References
Ahmad Yusuf Sobri. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif dalam Menciptakan
Sekolah Efektif. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 23–44.
Ekosiswoyo, R. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas
Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82.
Fadli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Muhammad Fadhli Pendahuluan
Mutu merupakan sesuatu yang dianggap salah satu bagian penting , karena mutu pada
dasarnya menunjukkan keunggulan suatu produk jika dibandingkan dengan produk lainnya .
Penignkatan mutu mer. Jurnal Studi Management Pendidikan, 1(02), 26.
Harweli, D., & Aprison, W. (2024). Pesantren: Problematika dan Solusi Pengembangannya. Journal
on Education, 06(02), 12058–12068.
Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education
Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12
Muljawan, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Sekolah Efektif. Jurnal AsySyukriyyah,
(1),
–157.
https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.29
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan,
Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam,
(1), 1–8.
Smith, W. F. (2020). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin. Jurnal Perspektif, 13(1), 32–37.
Copyright (c) 2024 Muhammad Raafi, Naurasyifa Iftinannisa, Lina Faulina Raudhatul Jannah, Hasri Lestari, Hinggil Permana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.