PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KOLABORASI SISWA MELALUI GELAR KARYA DALAM PROGRAM P5 DI KELAS X SMAN 4 PASURUAN

  • Novi Hidayatul Fitriyah universitas PGRI Wiranegara
  • Rusydah Bariroh Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan
  • Maulidya Yustrianawati Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan
  • Sugianti Sugianti Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan
Keywords: Kreativitas, Kolaborasi, Gelar Karya P5

Abstract

Pelaksanaan gelar karya dalam program P5 di SMAN 4 Pasuruan telah berhasil menjadi wadah bagi siswa kelas X untuk mengembangkan kreativitas, kolaborasi, dan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai budaya Indonesia. Melalui berbagai penampilan seni seperti tari tradisional, kreasi modern, paduan suara, hingga peragaan busana, siswa tidak hanya menunjukkan kemampuan seni mereka tetapi juga kerja sama tim yang solid dalam mempersiapkan setiap pertunjukan. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa program ini memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Siswa belajar menghadapi tantangan, seperti membagi waktu latihan, menguasai gerakan yang rumit, hingga menciptakan pertunjukan yang memadukan berbagai elemen seni. Meski terdapat kendala, semangat dan dedikasi yang mereka tunjukkan mencerminkan keberhasilan program P5 dalam membentuk karakter yang kreatif, kolaboratif, dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Program gelar karya ini juga memberikan pesan penting mengenai keberagaman budaya Indonesia, yang dirangkum dalam semangat persatuan dan kesatuan. Dengan berbagai pengalaman dan hasil yang telah dicapai, diharapkan gelar karya P5 dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengembangkan potensi siswa melalui program serupa. Penelitian ini menjadi bukti bahwa program P5 memiliki dampak yang signifikan dalam proses pembelajaran siswa, khususnya dalam pengembangan kreativitas dan kolaborasi. Semoga hasil penelitian ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi dunia pendidikan, sekaligus mendorong pelaksanaan program-program inovatif lainnya yang mendukung pembentukan generasi pelajar yang unggul.

 

References

Andi Novianti Wulandari, M. A. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMA NEGERI 8 BULUKUMBA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 67-78.

Anggun Anggraini, E. L. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Untuk Memperkuat Karakter Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 399-404.

Arna Purtina, F. Z. (2024). Inovasi Pendidikan Melalui P5: Menguatkan Karakter Siswa dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 147-152.

Dessi Asdrayany, A. Z. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Proyek. Journal of Educational Management, 476-487.

Emira Hayatina Ramadhan, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya (Protasis), 43-54.

Fitrah Yuridka, N. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM ERA. Jurnal Terapung : Ilmu – Ilmu Sosial, 210-220.

Ishma Mahliya Ruwaida, M. H. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kearifan Lokal Batik Malangan di SMAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 232-245.

Sifa Ulfikriah, A. T. (2024). mplementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bermuatan Kearifan Lokal Dalam Mengembangkan Sikap Kreatif Peserta Didik. JURNAL INTELEK INSAN CENDIKIA, 3217-3249.

Urip Sulistiyo, P. D. (2019). Buku Ajar Metode Kualitatif. Salim Media Indonesia.

Wijaya, U. H. (2020). ANALISIS DATA KUALITATIF: Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Published
2024-12-31
How to Cite
Fitriyah, N. H., Bariroh, R., Yustrianawati, M., & Sugianti, S. (2024). PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KOLABORASI SISWA MELALUI GELAR KARYA DALAM PROGRAM P5 DI KELAS X SMAN 4 PASURUAN. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(4), 483- 492. https://doi.org/10.36835/jipi.v22i4.4321