LITERATURE STUDIES: STUDENT CAREER DEVELOPMENT BASED ON ISLAMIC SHARIA PRINCIPLES
Abstract
Pengembanan karir merupakan aspek yang penting yang harus disiapkan. Namun karena pesatnya kemajuan zaman mahasiswa mengalami kebingungan dalam menentukan pengembangan karirnya. Salah satu opsi adalah pengembangan karir yang sesuai dengan syariah. Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis konsep pengembangan karir mahasiswa berdasarkan prinsip syariah Islam, Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari literatur yang relevan. Sumber-sumber tersebut mencakup jurnal ilmiah, buku teks, laporan penelitian, serta artikel ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah secara konsep pengembangan karir seseorang harus disisapkan dengan baik, rapih dan teratur. Hal terpentig dalam pengembangan karir adalah pilihan pekerjaan tersebut halal dan toyiban baik dari segi cara memperolehnya atau dari segi jenis pekerjaanya. Konsep pengembangan karir dalam Islam melibatkan perencanaan yang matang, kerja keras, pengembangan kompetensi, dan sikap tawakkal kepada Allah setelah berusaha. Selain it penanaman nilai tasawuf dalam diri Individu mahasiswa harus dilakukan agar dapat menjadi pedomannya ketika bekerja.
References
Adiputra, author S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir SISWA. Jurnal Fokus Konseling, 1(1). https://doi.org/10.52657/jfk.v1i1.70
Al Haddar, G., Kusumawati, I., Sa’adah, U., Siahaan, T. M., Efendi, R., & Hakim, A. R. (2023). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan. Get Press Indonesia.
Anjelina, J. D., Salsabila, R., Fitriyanti, D. A., & Lestari, N. D. (2021). Analisa Perkembangan Manajemen Sumber Daya Insani Dalam Mewujudkan Perekonomian Yang Stabil. Izdihar: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 117–142.
Aulia, G. G. N. (2024). Etika Bisnis Islam: Eksplorasi dan Panduan Prinsip dan Nilai dalam Berbisnis sesuai Perspektif Islam. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(3), 234–253.
Azis, L. (2024). Konsep Sabar dan Relevansinya dalam Kehidupan Kontemporer Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah [B.S. thesis]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/80766
Budi, H. I. S. (2024). Pengembangan diri sebagai perwujudan manusia seutuhnya pembelajaran melalui tokoh di Alkitab.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Djiwandono, P. I., & Yulianto, W. E. (2023). PENELITIAN KUALITATIF ITU MENGASYIKKAN: Metode Penelitian untuk Bidang Humaniora dan Kesusastraan. Penerbit Andi.
Faizah, M. M., & Arifin, S. S. (2023). Konsep Tawakal dalam Al-Qur’an dan Relevansinya Terhadap Pendidikan. PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu dan Hikmah, 8(2), 1–14.
Ghofur, A. (2022). Konsep Qana’ah menurut Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar [PhD Thesis, IAIN PONOROGO]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/18413/
Harahap, E. S., Azrina, N., & Hasanah, N. A. (2023). Integrasi Nilai-nilai Islami dalam Layanan Bimbingan Karir: Tantangan dan Peluang bagi Konselor Profesional. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 961–975.
Hardiyanti, R. (2024). Potret nilai-nilai tasawuf Entrepreneurship dalam strategi bisnis pelaku UMKM: Studi deskriptif di Pasar Kaget 46 Palasari Cibiru Kota Bandung [PhD Thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://digilib.uinsgd.ac.id/91125/
Hidayat, M. U., & Najah, I. N. (2020). Konsep Ihsan Perspektif Al-Qur’an Sebagai Revolusi Etos Kerja. Jawi, 3(1), 22–40.
Hotmauli, M. (2023). Implementasi Teori Ginzberg dalam Bimbingan Konseling Karir: Literature Review. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 3(2), 98–104.
Ismail, D. H., Purrohman, P. S., Ghoni, A., Matin, U. A., Muslim, A. B., Anis, M. Y., Muhadli, Z., Suprayogi, M. N., Harun, M., & Yapono, A. (2022). Relevansi Nilai Gontor: Bagi Pengembangan Karir Profesional: Pemikiran Para Doktor & Guru Besar Alumni. Unida Gontor Press.
Jalal, N. M. (2024). Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Kematangan Karir Mahasiswa di Era Digital. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 6270–6283.
Johnson, M. K. (2020). Joy: A review of the literature and suggestions for future directions. The Journal of Positive Psychology, 15(1), 5–24. https://doi.org/10.1080/17439760.2019.1685581
Leuwol, N. V., Wula, P., Purba, B., Marzuki, I., Brata, D. P. N., Efendi, M., Masrul, M., Sahri, S., Ahdiyat, M., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.
Marsiyam, T., Rahman, I. K., & Andriana, N. (2023). Konsep persiapan karir dalam pendidikan anak perspektif Abdullah Nashih Ulwan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 383–397.
Monita, Y. (2021). Pengembangan Karir Pegawai Pada Dinas Sosial Kabupaten Lima Puluh Kota Di Masa Covid-19 [Phd Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. Https://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/57816/
Ningsih, R., Asyari, A., & Izmuddin, I. (2020). Pengaruh Islamic Human Capital Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(2), 163–178.
Pratama, B. I., Anggraini, C., Pratama, M. R., Illahi, A. K., & Ak, D. P. S. A., SE ,. MSA. (2021). Metode Analisis Isi (Metode Penelitian Populer Ilmu-ilmu Sosial). UNISMA PRESS.
Rakhirwan, A., Azwar, B., & Nafrial, N. (2019). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMK Negeri 03 Lebong [PhD Thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup]. http://e-theses.iaincurup.ac.id/2047/
Raudotussolehah, R. M., Suherman, U., & Yustiana, Y. R. (2024). Penguatan Lembaga Bimbingan dan Konseling dan Pengembangan Karir (BKPK) dalam Menjawab Tantangan Karir Mahasiswa pada Era Revolusi Industri 5.0. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 7(1), 60–67.
Riyanty, I. N., & Nurendra, A. M. (2021). Mindfulness dan tawakal untuk mengurangi depresi akibat pemutusan hubungan kerja pada karyawan di era pandemi covid-19. Cognicia, 9(1), 40–44.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sulani, S. (2023). Pengaruh Etos Kerja Islami, Disiplin Kerja, Dan Pembinaan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu [Phd Thesis, Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu]. Http://Repository.Uinfasbengkulu.Ac.Id/1912/
Sumarto, S. (2018). Budaya, pemahaman dan penerapannya:“Aspek sistem religi, bahasa, pengetahuan, sosial, keseninan dan teknologi.” Jurnal Literasiologi, 1(2), 16–16.
Sumarto, S. (2020). Kampus Merdeka; Realitas Pembelajaran Online, Riset dan Pengembangan Wirausaha. Jurnal Literasiologi, 4(2).
Sundari, U. Y., Panudju, A. A. T., Nugraha, A. W., Purba, F., Erlina, Y., Nurbaiti, N., Kalalinggi, S. Y., Afifah, A., Suheria, S., Elsandika, G., Setiawan, R. Y., Alfiyani, L., & Pereiz, Z. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Gita Lentera.
Syamsu, K., & Satrianta, H. (2021). Bimbingan konseling karir islam untuk meningkatkan kematangan karir mahasiswa tingkat akhir. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 8(1).
Umiyarzi, E. (2021). Motivasi Kerja Dalam Perspektif Islam; Sebuah Kajian Teori. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 1(2), 245–256.
Whitsed, C., Girardi, A., Williams, J. P., & Fitzgerald, S. (2024). Where has the joy gone? A qualitative exploration of academic university work during crisis and change. Higher Education Research & Development, 43(7), 1632–1646
Copyright (c) 2024 Apriyanti Apriyanti, Beniazwar Beniazwar, Sumarto Sumarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.