THE ROLE OF TEACHERS IN DEVELOPING STUDENTS' RELIGIOUS ATTITUDES THROUGH RELIGIOUS EXTRACURRICULAR ACTIVITIES AT MTS PANCASILA BENGKULU CITY

  • Dian Jelita Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Hermika Surmiya Wati Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Asri Viandrayanti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Serli Serli Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Keywords: The role of teachers, religious attitudes, religious extracurricular activities, character education.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam membentuk sikap religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Pancasila Kota Bengkulu. Nilai-nilai religius sangat penting dalam membentuk karakter siswa agar memiliki moralitas yang baik, tidak hanya secara teoretis tetapi juga aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai pembimbing, motivator, dan teladan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Kegiatan seperti pengajian, shalat berjamaah, dan pelatihan membaca Al-Qur’an berkontribusi signifikan terhadap peningkatan pemahaman agama siswa dan pembentukan karakter religius. Perubahan sikap siswa terlihat dari antusiasme mereka dalam mengikuti kegiatan serta perilaku positif yang mereka tunjukkan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Faktor pendukung keberhasilan kegiatan ini meliputi kompetensi guru, dukungan sekolah, serta keterlibatan aktif siswa. Namun, beberapa kendala seperti keterbatasan waktu dan fasilitas masih menjadi tantangan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan pelatihan guru, pengadaan fasilitas, dan pengelolaan waktu yang lebih baik untuk mendukung keberlanjutan kegiatan ini.

References

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2015). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. New York: Springer Science & Business Media.

Haryanto. (2017). Sosiologi Sastra: Perspektif dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

Nasution, S. (2016). Pendidikan Agama dan Karakter di Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Supriatna, N. (2015). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2010). New Technology and Digital Divide: The Role of Technology in Educational Inequality. Teachers College Record, 112(7), 1-19

Published
2025-03-03
How to Cite
Jelita, D., Surmiya Wati, H., Viandrayanti, A., & Serli, S. (2025). THE ROLE OF TEACHERS IN DEVELOPING STUDENTS’ RELIGIOUS ATTITUDES THROUGH RELIGIOUS EXTRACURRICULAR ACTIVITIES AT MTS PANCASILA BENGKULU CITY. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(No.1), 75 - 81. https://doi.org/10.36835/jipi.v23iNo.1.4406