PENERAPAN NILAI-NILAI 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU
Abstract
Pendidikan karakter menjadi salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlak mulia. Penerapan nilai-nilai 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) menjadi strategi yang efektif dalam menanamkan sikap positif di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai 5S dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai 5S memberikan dampak positif terhadap peningkatan kedisiplinan, sikap hormat kepada guru dan teman sebaya, serta menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif. Kendala dalam penerapan nilai-nilai 5S meliputi kurangnya konsistensi dalam pengawasan serta kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya nilai-nilai tersebut. Oleh karena itu, peran guru dan tenaga pendidik sangat diperlukan dalam memberikan contoh nyata serta menanamkan nilai-nilai 5S secara berkelanjutan.
References
Anderson, C. A. (2008). Implementing digital media in education: A review of literature. Educational Technology & Society, 11(4), 61-71.
Buckingham, D. (2007). Media education: Literacy, learning, and contemporary culture. Polity Press.
Siswanto, E., Switri, E., Pattiasina, P. J., Gianistika, C., Chairudin, M., Susilatun, H. R., & Nurasiah, S. (2024). Pendidikan Karakter. AINA MEDIA BASWARA.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning. Cambridge University Press.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9(5), 1-6.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2010). New technology and digital worlds: Analyzing evidence of equity in access, use, and outcomes. Review of Research in Education, 34, 179-225.
Copyright (c) 2025 Yashori Revola, Erna Triani, Vina Indrian, Intan Yulanda, Satya Yudha Wisesa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.