Efektivitas Peraturan Sekolah dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa di SMP IT Perguruan Baiti Jannati Tanjung Morawa

  • Ilham Fajar Siregar Universitas Al Washliyah Medan
  • Jamiluddin Marpaung Universitas Al Washliyah Medan
  • Hotni Sari Harahap Universitas Al Washliyah Medan
Keywords: Effectiveness of Regulation, Forming, Disciplinary Attitude

Abstract

Secara fakta di lapangan yaitu di SMP IT Perguruan Baiti Jannati Tanjung Morawa masih sering dijumpai sebagian siswa siswinya yang belum menunjukkan sikap disiplin terhadap peraturan sekolah seperti belum datang tepat waktu, membuang sampah sembarangan, berpakaian lengkap, tidak keluar saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penereoan sekolah dalam membentuk sikap disiplin siswa di SMP IT Perguruan Baiti Jannati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian lapangan. Sumber data penelitian adalah guru wali kelas dan guru bidang studi di SMP IT Perguruan Baiti Jannati.  Metode pengumpulan data adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP IT Perguruan Baiti Jannati Tanjung Morawa dalam efektivitas peraturan sekolah dalam membentuk sikap disiplin siswa siswi SMP IT Perguruan Baiti Jannati Tanjung Morawa melalui pembiasaan datang tepat waktu, buang sampah sembarangan, berpakain lengkap, tidak keluar kelas saat belajar dan memberikan hukuman atau sanksi bagi siswa dan siswi bagi yang melanggar sesuai pelanggaran yang dilakukan.

References

Apriyanti, M. E., & Syahid, S. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam

Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 68–76.

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4346

Basri, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pelajaran Akidah Akhlak di MTs

Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Murobbi Ilmu Pendidikan, Vol. 7(1), 44.

https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i1.1486

Djoh, A. J. M. U., et al. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Penerapan Tata

Tretib Sekolah dan Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Waingapu. Jurnal Media Komunikasi

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegarann, 4(April), 39–48.

Faizah, N. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah Di SMA

Negeri 2 Klaten. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 108–115.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif . CV. Pustaka Ilmu.

Hermatasiyah, N., Marjo, H. K., & Herdi, H. (2021). Analisa pentingnya perilaku disiplin dalam

kegiatan pembelajaran serta keterlibatannya terhadap layanan bimbingan konseling.

TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 166–169.

https://doi.org/10.26539/teraputik.51667

Haryono, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274.

Irsan, & Syamsurijal. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar

Kota Baubau [Implementation of Student Disciplinary Character Education in Baubau City

Elementary Schools]. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1), 10–17.

Lestari, I. P & Harmaini, H. (2024). Hubungan antara kontrol diri dengan kepatuhan terhadap

peraturan pada santri remaja. Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi, 3(1), 20.

http://etheses.uin-malang.ac.id/11159/1/12410205.pdf

Maela, E., Purnamasari, V., Purnamasari, I., & Khuluqul, S. (2023). Metode Pembiasaan Baik

Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio

FKIP UNMA, 9(2), 931–937. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4820

Matthew B. Miles, A. M. H. dan J. S. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Sage

Publication, Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press,.

Minggi, N., Ari Pratiwi, I., & Bakhrudin, A. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sdn 1 Pelemkerep Pada Mata Pelajaran PPKn. Didaktik :

Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 316–326.

https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1513

Putra, H. M., Setiawan, D.-, & Fajrie, N.-. (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika

Belajar Di Dalam Kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).

https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5088

Ramdani, N. G., et al. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan , Strategi , Dan Metode

Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 20–31.

Rachman, A., Rofiqoh, A., Dillah, H., Rindiyanto, R., & Surabaya, U. M. (2022). Penguatan

Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 1–5. https://ejournal.umc.ac.id/index.php/JPS/article/view/2958

Salsabila, S. S., & Diana, R. (2021). Karakter Disiplin Siswa Ditinjau Dari Persepsi Ketahanan

Keluarga Dan Kualitas Kehidupan Sekolah. Jurnal Psikologi Integratif, 9(1), 95.

https://doi.org/10.14421/jpsi.v9i1.2165

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Zahra, H. K. A., & Rizal, M. S. (2024). Implementasi Teori Belajar Behaviorisme B.F. Skinner

dalam Pembelajaran Merancang Novel pada Siswa Kelas XII IPS. Jurnal Pendidikan Bahasa &

Sastra Indonesia, 12(1), 104–117.

http://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/sastraURL:https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php

/sastra/article/view/3554DOI:https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3554

Published
2025-03-10
How to Cite
Fajar Siregar, I., Jamiluddin Marpaung, & Hotni Sari Harahap. (2025). Efektivitas Peraturan Sekolah dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa di SMP IT Perguruan Baiti Jannati Tanjung Morawa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(No.1), 129 - 137. https://doi.org/10.36835/jipi.v23iNo.1.4475