Membumikan Hubbul Wathan Minal Iman Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Interdisipliner
Abstract
Hubbul wathan minal iman adalah pondasi penting dalam mebentuk karakter bangsa yang paripuna. Tujuan penelitian ini menjelaskan hubbul wathan minal iman bagian dari perisai idiologi bangsa untuk menjaga patriotisme. Ketaatan beragama justru memotivasi kita untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga dan memajukan Indonesia demi kemaslahatan bersama, alih-alih bertentangan dengan cinta negara. Metode penelitian ini menggunakan Systematic literature review dianalisis menggunakan Research Collaboration Tools (Watase Uake). Dengan fokus pada, pembelajaran pendidikan agama islam, pendidikan interdisipliner. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pendidikan agama islam interdisipliner menawarkan solusi holistik dengan mengintegrasikan pembelajaran Aqidah ahlak, al-quran hadis, ski dan fiqh dengan pkn, sosiologi, ipa. Tujuannya adalah agar nilai-nilai Islam dipahami secara kontekstual sehingga menjelaskan hubbul wathan minal iman melainkan prinsip peradaban dan berkontribusi pada kemajuan bangsa, 2. Pembelajaran aktif dan partisipatif seperti proyek kolaboratif lintas bidang studi, studi kasus kontekstual dalam pembelajaran PAI interdisipliner berpotensi memberi ruang kritis kepada siswa, membagun patriotisme.
References
Abdul Mu’ti. (2023). Pluralistic Islamic religious education: A vision for Indonesia. Religions, 14(3), 387. https://doi.org/10.3390/rel14030387
Abdullah, M. A. (2021). Multidisiplin, Interdisiplin dan Transdisiplin Ilmu Pengetahuan dan Riset pada Perguruan Tinggi Masa Pandemi. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, ix–ix.
Akmal, M. N., Arianto, A., & Badriyah, L. (2025). Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Youtube dalam Mata Pelajaran PAI sebagai Media Pembelajaran Inovatif pada Era Digital. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.156
Alhashmi, M., & Moussa-Inaty, J. (2021). Professional learning for Islamic education teachers in the UAE. British Journal of Religious Education, 43(3), 278–287. https://doi.org/10.1080/01416200.2020.1853046
Copyright (c) 2025 Laila Badriyah, Muhammad Nabil Akmal, Abdullah Ilmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.