PENDEKATAN PSIKO SPRITUAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGATASI KRISIS IDENTITAS REMAJA
Abstract
Krisis identitas merupakan masalah krusial yang dialami remaja dalam proses pencarian jati diri. Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan identitas melalui nilai-nilai spiritual dan keimanan. Pendekatan psiko-spiritual menawarkan solusi integratif antara pemahaman psikologis dan spiritual dalam menangani krisis identitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendekatan psiko-spiritual dalam pendidikan agama Islam sebagai solusi atas krisis identitas remaja. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan psiko-spiritual dapat membantu remaja mengenal diri, menemukan makna hidup, serta membangun identitas yang kokoh berdasarkan ajaran Islam. Pendidikan agama Islam yang mengintegrasikan aspek psikologi dan spiritualitas berpotensi besar dalam membimbing remaja menuju keseimbangan emosional dan spiritual.
References
Chairudin, M., & Hakim, L. (2025). Early Childhood Education Management Strategy in Improving the Quality of Learning in the Digital Era. The Lil Atfal Journal of Childhood Education, 1(1), 1-14.
Erikson, E. H. (1968). Identity: Youth and crisis. New York: W. W. Norton & Company.
Daradjat, Z. (2004). Pendidikan agama dalam keluarga dan sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibn Qayyim al-Jauziyah. (1994). Madarij al-Salikin. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Integrasi Psikologi dan Spiritualitas Islam dalam Membentuk Karakter Remaja" (Jurnal Psikologi Islam, Vol. 2, No. 2, 2019)
Latif, Y. (2011). Integrasi psiko-spiritual dalam pendidikan karakter. Jakarta: Gramedia.
Mulyono, E. (2020). Pendidikan Agama Islam berbasis psiko-spiritual sebagai upaya mengatasi krisis identitas remaja. Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2), 123–135.
Pendekatan Psiko-Spiritual dalam Pendidikan Islam" (Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, 2020)
Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Identitas dan Jati Diri Remaja" (Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 1, 2022)
Suparta. (2016). Pengantar Teori dan Aplikasi Pengembangan Kurikulum PAI.
Sulaiman, M. (2019). Krisis identitas remaja dan tantangan globalisasi: Tinjauan dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 4(1), 45–60.
Yusuf, S. (2003). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2025 Fadlah Hafifatun Nur, Aryati Aryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.