REKONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Rekonstruksi, Pendidikan Islam
Abstract
Islam sebagai sumber acuan nilai telah menawarkan grand design bagi pengembangan segala bidang keilmuan termasuk didalamnya ilmu pendidikan Islam. Akan tetapi dalam dataran praksis, grand design keilmuan tersebut justru tereliminasi oleh suatu ideologi ilmiah dari kalangan umat Islam sendiri yang dipergunakan untuk mempertahankan kepalsuan semantik epistimologi dalam pengembangan keilmuan Islam. Sehingga bangunan keilmuan dalam pemikiran pendidikan Islam sering kali disusun berdasarkan konsep yang kurang jelas dan kurang fungsional. Melalui pendekatan filsafat penulis menegaskan bahwa rekonstruksi pemikiran pendidikan Islam yang ideal harus menempatkan filsafat sebagai entry point dan paradigma dasar bagi seluruh bangunan keilmuannya.
Published
2015-12-25
How to Cite
Hakim, L. (2015). REKONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 13(2), 45-54. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/563
Section
Articles