Media Pembelajaran Edukatif Berupa Papan Jam Analog Untuk Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar

  • Ni Desak Made Kartini Dwitya Universitas Mataram
  • Ni Nyoman Tia Utami Universitas Mataram
Kata Kunci: Matematika, Media Pembelajaran, Papan Jam Analog

Abstrak

Pada pembelajaran matematika, media sering dibutuhkan sebagai alat bantu karena matematika dianggap sulit oleh peserta didik, terutama di jenjang Sekolah Dasar kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran papan jam analog pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas II Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif jenis deskriptif yang datanya berbentuk kalimat atau data yang diklasifikasikan berdasarkan kualitas dari objek yang diteliti. Teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik sangat senang dan bersemangat dalam belajar dengan menggunakan media pembelajaran papan jam analog. Peserta didik juga sangat antusias menyimak setiap penjelasan materi yang disampaikan oleh guru. Proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran papan jam analog dapat membantu pembelajaran matematika materi waktu menjadi lebih maksimal dan bermakna. Melalui media papan jam analog juga motivasi belajar peserta didik menjadi meningkat.

Referensi

Aisyah, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Jam Dalam Pembelajaran Mengetahui Waktu

Peserta didik Kelas II SDN Banyuajuh 02. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 1 (4), 317-324.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Fatria, Fita., dan Listari. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive dalam Pembelajaran

Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2 (1), 138-144.

Ibrahim, M. B., dkk. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT.

Sonpedia Publishing Indonesia.

Jannah, F. (2022). Kajian Etnosains Berbasis Kearifan Lokal. Mualimin.

Masruro I., dkk. (2021). Menggagas Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Era Kelimpahan. Unisma Press.

Pagarra, Hamzah., dkk. (2022). Media Pembelajaran. Malang: Badan Penerbit UNM.

Tauqifa, A. H. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Jam Analog pada Materi

Konversi Satuan Waktu Peserta didik Kelas II SD Negeri Karangsari 1. In Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1 (1), 2091-2099

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles