PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN TAMBUN 04 TAMBUN SELATAN

  • Muszalika Azahra1 Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lilis Karyawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Karnia Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Minat Siswa dalam Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Abstrak

Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu metode bernyanyi dan minat belajar siswa sehingga dengan demikian tujuan penelitian ini untuk menguraikan gambaran hasil pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas V di SDN Tambun 04 Bekasi, dan sampelnya ialah siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini yakni penelitian eks post facto dengan pendekatan kuantitatif, metode ini dipilih untuk mengidentifikasi hubungan antara metode bernyanyi dan minat belajar siswa. Data terkait pengalaman dengan penggunaan metode bernyanyi dan minat belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrument kuesioner, yang disusun dengan menggunakan skala likert, teknik analisis data menggunakan analisis dektiptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode bernyanyi 12% pada kategori rendah, 61% pada kategori sedang, dan 12% pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata Metode Bernyanyi kelas V Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Tambun 04 Bekasi berada pada kategori sedang. Minat Belajar siswa 13% pada kategori rendah, 61% pada kategori sedang, dan 11% pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata Metode Belajar kelas V Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Tambun 04 Bekasi berada pada kategori sedang. Berdasarkan output SPSS pada tabel Coefficients diketahui nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “ Ada pengaruh metode bernyanyi (X) terhadap minat belajar siswa (Y).” Dari hasil analisis diketahui nilai R Square = 0,468 dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Metode Bernyanyi (X) terhadap Minat Belajar (Y) siswa Kelas V pada mata pelajaran PAI di SDN Tambun 04 Bekasi sebesar sebesar 46.8% sedangkan 53.2% Minat Belajar dipengaruhi oleh variabel yang lain yang bukan menjadi variabel dari penelitian ini.

Referensi

Agama, K., & Karawang, K. (2012). Jurnal Manajemen Vol.10 No.1 Oktober 2012 1038. 10(1), 1038–1046.

Harys. (2020). Penelitian Kuantitatif. 34–46. https://www.jopglass.com/penelitian-kuantitatif/

Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada STMIK Tidore Mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 2(1), 23–29. http://ejournal.stmik-tm.ac.id/index.php/jurasik/article/view/32

Kata Kunci : (2012). 4(2), 39–52.

Provinsi, P., & Barat, S. (2006). No Title. 1–13.

Sappaile, B. I., & Makassar, U. N. (2020). KONSEP PENELITIAN EX-POST FACTO. January.

Zaki Al Fuad, & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 54. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 141–148. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.948

Khoirun Nisa, I., Novita, R., & Walfajri. (2013). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Rianti, Hayani, S., Hidayati, I. N., Kurniati, R., & Mufidah, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 48–60. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i2.2963

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252

Wahyuni, N., Oktariana, R., & Fitriani. (2021). Efektifitas Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A di TK Bungong Seuluepok Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1).

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles