Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Materi Transformasi Energi pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD

  • Gito Ronaldo Universitas Lampung, Indonesia
  • Ridwan Syukri Universitas Lampung, Indonesia
  • Pramudiyanti Pramudiyanti Universitas Lampung, Indonesia
  • Pramita Sylvia Dewi Universitas Lampung, Indonesia
Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Discovery learning, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery learning untuk pembelajaran transformasi energi pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDIT Pelita Khoirul Ummah. Penelitian ini mengadopsi model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi), namun karena keterbatasan waktu dan sumber daya, penelitian ini hanya berfokus pada tahap Pengembangan. Proses validasi melibatkan tiga ahli: ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa, dengan menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif, termasuk instrumen validasi, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil validasi menunjukkan kelayakan yang tinggi di berbagai kriteria. Validasi ahli materi mencapai skor rata-rata 91%, validasi desain mencapai skor 89%, dan validasi bahasa mencapai skor 90%, yang menunjukkan bahwa LKPD "sangat layak" untuk diterapkan di kelas. Umpan balik dari para ahli menyoroti kesesuaian konten dengan standar kurikulum, efektivitas pendekatan Discovery learning, serta kejelasan dan kesesuaian bahasa yang digunakan. Temuan ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat mendukung pembelajaran transformasi energi di kelas IPA sekolah dasar secara efektif dan dapat diuji lebih lanjut dalam setting kelas yang sesungguhnya.

Referensi

Agustina, R. A. D., Harjanto, A., & Elvadola, C. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Mata Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 422–432. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.501

Diana, A., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam untuk Kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 141–150. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.419

Haddar, G. A., Kusumawati, I., Hairunisa, Sa’adah, U., Siahaan, T. M., Efendi, R., … Hakim, A. R. (2023). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan. Padang: Get Press Indonesia.

Indrawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1(1). Retrieved from https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4064

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482

Khoirunnisa, E., & Habibah, E. (2020). Profil Keterampilan Abad 21 (21st Century Soft Skills) Pada Mahasiswa. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 2(2), 55–68. https://doi.org/10.53401/iktsf.v2i2.20

Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344–351. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574

Nasution, E. Y. P., Putri, S. S. I., & Laswadi. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Geogebra Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 566–576. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3761

Ramadhani, R., Kusumawardani, L., Ekaputri, H. D., Suryaningrum, I., Azzahra, W. D., & Khoirunnisa, N. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Lensa Pendas, 8(2), 153–160. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i2.3045

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Septiaahmad, L., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.121-130

Septianingrum, I. (2022). Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Keterampilan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 273–279. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65506

Strauning, H. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning Sukses Pembelajaran IPA. Indramayu: Penerbit Adab.

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089–100.

Wibowo, Y. R., & Hidayat, N. (2022). Al-Qur’an & Hadits Sebagai Pedoman Pendidikan Karakter. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 113–132.

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132–141. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176

Widyastuti, S. R. (2022). Pengembangan Skala Likert untuk Mengukur Sikap terhadap Penerapan Penilaian Autentik Siswa Sekolah Menengah Pertama. ASWAJA, 3(2), 57–76.

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles