URGENSI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN LALU LINTAS DALAM PERSPEKTIF ISLAM

  • Choirul Mahfud Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik
Keywords: Lalu Lintas, Pengembangan Kurikulum dan Pendidikan Islam

Abstract

Kajian keislaman yang membahas  tentang persoalan  pendidikan lalu lintas saat ini perlu dan penting ditindaklanjuti lebih serius agar tujuan kehidupan yang aman, nyaman dan selamat di perjalanan berlalu lintas dirasakan manfaatnya bagi semua elemen masyarakat. Dalam konteks inilah, tujuan utama kajian ini adalah untuk mengetahui apa dan bagaimana problematika lalu lintas sekaligus pendidikan lalu lintas di Indonesia?  Apa  urgensi  pengembangan  kurikulum  pendidikan  lalu lintas dalam perspektif Islam? Kajian ini ditulis dengan menggunakan data kualitatif yang bersumber pada referensi dan literatur buku, berita, jurnal dan opini di media massa serta sumber lain yang relevan dalam kajian  pengembangan  kurikulum  pendidikan  lalu lintas  dalam  Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa: Pertama, problematika lalu lintas dan pendidikan lalu lintas di Indonesia sudah sangat kompleks. Dari hari ke hari  angka  kecelakaan  belum  juga  turun  secara  signifikan,  bahkan angka kecelakaan tertinggi terjadi pada usia pelajar dan anak sekolah. Kedua,    pengembangan    kurikulum  pendidikan    lalu    lintas    dalam perspektif Islam sangat urgen mengingat banyaknya masalah akibat banyak faktor yang melatari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Umat Islam dan lembaga pendidikan Islam di negeri ini sudah seyogyanya mengambil peran dalam membuka mata kesadaran pelajar dan anak sekolah untuk hati-hati terus berusaha menyadari, mengetahui dan mematuhi segala peraturan lalu lintas untuk keselamatan dan kebaikan bersama.
Published
2015-10-01
How to Cite
Mahfud, C. (2015). URGENSI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN LALU LINTAS DALAM PERSPEKTIF ISLAM. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 22(2), 113-115. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/1548
Section
Articles