Pengembangan PAI Melalui Budaya Religius di Sekolah

  • Alif Achadah Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Keywords: PAI, budaya, religius

Abstract

Pendidikan agama islam adalah salah satu hal yang sangat penting dalam keberadaan pembelajaran yang ada pada lembaga pendidikan atau sekolah. Pendidikan agama seharusnya menjadi pedoman dasar atas segala aktivitas yang akan dilakukan pada setiap individu pada ranah sosial. Sehingga adanya pengembangan PAI melalui budaya religius yang ada disekolah sangatlah penting dan akan menjadi ukuran keberhasilan prose pembelajaran PAI. Budaya religius siswa harus dilakukan untuk menanamkan perilaku yang bercermin pada agama sehingga budaya religius dapat terlaksana dan menjadi kebiasaan dalam perilaku sosial

References

Ekosusilo, Madyo. Hasil Penelitian Kualitatif Sekolah Unggul Berbasis Nilai: Studi Multi Kasus Di SMAN 1, SMA Regina Pacis Dan SMA Al-Islam 01 Surakarta. Sukoharjo: UNIVET Bantara Press, 2003.
Fernandez, S.O. Citra Manusia Budaya Timur Dan Barat. Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah, 1990.
Indrachfudi, Soekarto. Bagaimana Mengakrabkan Sekolah Dengan Orang Tua Dan Masyarakat. Malang: IKIP Malang, 1994.
Koentjaraningrat. Kebudayaan, Mentalitas Dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia, 1989.
———. Rintangan-Rintangan Mental Dalam Pembangunan Ekonomi Di Indonesia. Jakarta: Lembaga Riset Kebudayaan Nasional Seni, 1969.
Latif, Abdul. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika Aditama, 2006.
Nuruddin, Dkk. Agama Tradisional: Potret Kearifan Hidup Masyarakat Samin Dan Tengger. Yogyakarta: LKIS, 2003.
Roibin. Relasi Agama & Budaya Masyarakat Kontemporer. Malang: UIN Maliki Press, 2009.
Sahlan, Asmaun. Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah. Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Published
2020-04-15
How to Cite
Achadah, A. (2020). Pengembangan PAI Melalui Budaya Religius di Sekolah. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 27(1), 14-20. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3480
Section
Articles