PENGARUH PROGRAM ARABIC CLUB TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MA IHYAUL ULUM DUKUN GRESIK

  • Mas'udah . STAI Ihyaul Ulum Gresik
Keywords: pengaruh, program, arabic

Abstract

Keberadaan sekolah memang menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat karena dalam proses pembelajarannya memang dipersiapkan untuk menjadi masyarakat yang bermanfaat antara yang satu dengan yang lainnya. Sekolah sebagai suatu lembaga diharapkan dapat berperan sebagai konservasi, evaluasi dan inovasi. Semua itu terbukti melalui dinamika kehidupan sekolah yang dapat berkembang menyesuaikan kebutuhan masyarakat dalam era yang semakin berkembang. Sebagai lembaga formal banyak hal yang harus diperhatikan dalam prosesnya. Karena adanya sekolah dalam rangka mempersiapkan agen-agen penerus bangsa yang berperan sebagai pemberi bekal pengetahuan, ketrampilan, sebagai tempat pengkaderan para pemimpin, dan diharapkan dapat membantu kesejahteraan masyarakat.

Pelaksanaan program ini merupakan proses pengaktualisasian potensi kreatifitas peserta didik, sebab selama ini bentuk proses mengajar melalui bentuk tatap muka dalam kelas tidak cukup memberi ruang dan waktu bagi peserta untuk dapat mengambangkan program lain, sehingga terkadang dalam konteks pendidikan formal sedikit memberi  ruang pada pengembangan aspek, afektif dan psikomotorik siswa. Kemampuan mental yang dilatih umumnya berpusat pada pengembangan bahan pengetahuan, ingatan dan penalaran logis, sehingga sering terjadi keberhasilan pendidikan hanya dinilai dari sejauhmana seorang siswa mampu memproduksi bahan pengajaran yang diberikan, hal ini menyebabkan daya potensi kreatifitas siswa dapat terhambat. Dengan diadakannya program Arabic Club diharapkan siswa yang mengikuti program tersebut mampu mengembangkan bakat, minat dan potensi kreatifitasnya masing-masing, dan menunjang prestasi belajar.

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta, 2010.

Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Usaha Nasional, Surabaya, 1994.

Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar Mengajar, Sinar Baru, Bandung, 2007

Kompri, Manajemen Pendidikan, A-Ruzz Media, Yogyakarta, 2015

Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajardan Mengajar, PT BumiAksara, Jakarta, 2006

Saputra, Yudha, Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler, Depdikbud, Jakarta, 1998

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta, 2012

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, RinekaCipta, Jakarta, 2013

Sugiyono, Statistika UntukPenelitian, Alfabeta, Bandung, 2013.

Suryosubroto, Proses BelajarMengajar di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta, 2002.

Sutisna, Otteng, Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, Angkasa, Bandung, 1983

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011

Tatang, S, IlmuPendidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2012.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas dan Pemerintah-Pemerintah RI Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar, Citra Umbar, Bandung, 2016.
Published
2018-04-02
How to Cite
., M. (2018). PENGARUH PROGRAM ARABIC CLUB TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MA IHYAUL ULUM DUKUN GRESIK. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 25(1), 57-64. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3561
Section
Articles