MANAJEMEN KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN
Abstract
Dengan penggunaan strategi dan metode yang tepat serta di dukung dengan media yang sesuai akan menghasilkan sistem pembelajaran yang asik dan menyenangkan. Proses pembelajaran yang mengasikkan akan merangsang siswa untuk aktif, kreatif dan bersemangat dalam proses pembelajara. Penulis menganalisis pembelajaran IPS menggunakan strategi Video Coment dan strategi index card match pada buku tematik kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat Subtema 3 Membangun Masyarakat Sehat pada pembelajaran 1 dengan materi Lingkungan Bersih dan Lingkungan Kotor. Proses pembelajaran yang mengasikkan akan merangsang siswa untuk aktif, kreatif dan bersemangat dalam proses pembelajaran. Maka dari itu guru dituntut untuk aktif dan kreatif dalam penggunaan strategi dan media yang tepat dalam proses pembelajaran.
Dalam kehidupan sosial siswa pasti akan berinteraksi dengan alam sekitar serta dengan masyarakat yang mempunyai beranekaragam sifat dan kepribadian masing-masing. Dalam menjelaskan interaksi sosial guru sering menggunakan metode-metode yang monoton kepada siswa, seperti : motede ceramah, menekankan aktivitas guru, bukan aktivitas siswa, kurang variatif, siswa lebih banyak mencatat dan mendengar dari pada aktif dan mandiri dalam pembelajaran.
References
https://rizcybl.wordpress.com/2011/01/07/kelebihan-dan-kelemahan-media-video-pembelajaran. (diakses 29 November 2017).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku guru IPS Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI kelas VI Tema Menuju Masyarakat Sehat.
Sasmia, Windi Tri, dkk. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa. Jurnal. Online.
Trinovia, Vinda, dkk. Penerapan Strategi Index Card Match dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Materi Alat Optik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. (diakses pada 28 November 2017). Vol.02. No.03. 2013.
Copyright (c) 2018 TASYRI': JURNAL TARBIYAH-SYARI'AH ISLAMIYAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.