PERAN DAKWAH DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI DI YAYASAN ELKATARIE KEMBANG KUNING

  • Firdaos Firdaos Firdaos Stit bahana
Keywords: Peran, Akhlak Santri, Dakwah

Abstract

Peran penting pondok pesantren tidak terlepas dari pungsi tradisionalnya yaitu sebagai transmisi dan tranfer ilmu-ilmu Islam, pemeliharaan tradisi Islam. Pembinaan akhlak harus diberikan kepada peserta didik oleh lembaga pendidikan, agar memiliki keperibadian muslim yang mulia sebagai mana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta menjauhi akhlak yang buruk. Dakwah memiliki peran yang besar dan strategis dalam upaya melakukan pembinaan akhlak peserta didik didalam lingkungan yayasan agar mereka dapat istiqomah dalam mengaplikasikan akhlak secara baik. Peran dalam mengembangakan kahlak santri hal ini dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan baik melalui nasehat, hukum dengan cara mendidik maupun pendidikan dengan cara menanamkan nilai-nilai moral, serta etika bersosial baik dalam lingkup yayasan maupun diluar yayasan. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif kualitatif yang di pokuskan pada subyek dan obyek penelitian (Peranan Dakwah dan Santri). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Dari uraian diatas dapat diketahui peran dakwah dalam membina khalak santri mencakup kegiatan-kegiatan atau program-program yang dilakukan didalam yayasan maupun diluar yayasan dan memohon kepada Dzat yang maha kuasa agar tugas-tugas yang dijalankan mengahsilkan suatu yang bermanfaat.
Published
2020-04-16
How to Cite
Firdaos, F. F. (2020). PERAN DAKWAH DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI DI YAYASAN ELKATARIE KEMBANG KUNING. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 1-14. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4135

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.